Produk UMKM Mulai Bidik Pasar Online

Produk UMKM Mulai Bidik Pasar Online

KUNINGAN - Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH menandatangani kesepakatan bersama BNI tentang pemanfaatan fasilitas jasa dan layanan perbankan serta dukungan pemasaran online di ruang rapat Linggarjati, kemarin.
\"pemkab
Pemkab Kuningan gandeng BNI. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon
Bupati mengatakan, dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidup masyarakat serta menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Pemereintah Kabupaten Kuningan telah mengadakan berbagai kegiatan untuk masyarakat dan mempromosikan produk unggulan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan potensi daerah lainnya baik kepada masyarakat lokal maupun Internasional.

“Dengan pemasaran produk melalui online, saya berharap bisa menjangkau bukan hanya masyarakat lokal, namun internasonal,” kata Acep. Menurut Bupati, UMKM haru ikut program pasar Online apalagi dengan pemberlakuaan MEA, diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekomoni negara–negara anggotanya, Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk yang cukup banyak merupakan target pasar yang sangat potensi sehingga sektor UMKM di harapkan menjadi benteng ketahanan Nasional dalam menghadapi era pasar bebas.

“Dengan adanya MoU ini, produk UMKM Kuningan bisa dipasarkan melalui pasar online, saya berharap dengan adanya program ini bisa menghidupkan roda perekonomian khususnya produk asli Kuningan,” ujarnya.

Untuk mewujudkan upaya meningkatkan daya saing dan pemberdayaan UMKM di Kabupaten Kuningan yang tercatat jumlahnya 14.000 lebih, maka Pemerintah Kabupaten Kuningan akan bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia TBK dengan menyediakan pasar on line (Market Place) yang dilengkapi dengan metode pembayaran lengkap dan terintegrasi.

Bupati berharpa dengan di tandatanganinya kesepakatan ini, dapat meningkatkan pemasaran sektor UMKM Kabupaten Kuningan secara luas, melalui fasilitas jasa dan layanan perbankan dengan pemasaran secara on line dan berharap kepada SKPD terkait agar dapat berperan sesuai dengan tupoksinya melakukan pembinaan kepada UMKM sehingga mempunyai daya saing yang tinggi. (ale)

Sumber: