Jalur Penghubung Dua Kecamatan Rusak Parah

Jalur Penghubung Dua Kecamatan Rusak Parah

MAJALENGKA – Kondisi jalan hot mix milik Provinsi Jawa Barat yang menghubungkan Kecamatan Jatitujuh dan Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka rusak parah. Kerusakan jalan tersebut selain sering dilewati oleh kendaraan berat, penyebab lainnya dikarenakan hanya tambal sulam, hingga saat ini belum dlakukan perbaikan.

\"pemprov
Pemprov diminta perbaiki jalan rusak. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon
Berdasarkan pantauan, hampir disepanjang jalan tepatnya di wilayah Desa Biyawak tersebut, banyak aspal yang mengelupas disetiap bahu badan jalan mengakibatkan berlubang. Karena tak kunjung diperbaiki, masyarakat menutup setiap jalan yang rusak menggunakan tanah timbunan dan bekas bahan matrial bangunan yang tidak dipakai untuk menutup setiap lobang dijalan.

Bahkan, kalau terjadi hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut, sejak dua hari yang lalu, membuat kerusakan jalan penuh dengan jebakan dan sangat membahayakan para pengendara. Dari penuturan salah seorang warga, Iskandar (35), mengatakan kerusakan jalan ini memang sudah cukup lama. Dimana kerusakan terjadi dikarenakan banyaknya kenderaan fuso yang bermuatan berat melintas dijalan ini. Selain itu juga faktor alam seperti hujan dan tanah yang labil.

“Jalan provinsi ini, sejak dibangun belum pernah dibangun kembali Cuma ditambal sulam saja. Jadi wajar saja, jika jalan ini rusak,” kata dia, ketika ditemui saat melintas dijalan tersebut, Kamis (23/3).
Hal senada dikatakan Dedi (28) warga Desa Biyawak menuturkan, kerusakan jalan mulai dari setelah pom Bensin Kertajati hingga Desa Biyawak kondisi jalannya sudah rusak berat. Hampir berjarak satu kilo meter jalan sudah berlubang.

“Agar tidak menyebabkan kecelakaan, masyarakat secara swadaya melakukan penimbunan menggunakan tanah. Kami sangat berharap Peprov Jabar, agar secepatnya memperbaiki jalan ini. Sebab jalan ini, merupakan akses penghubung antar kecamatan bahkan ke Kabupaten Indramayu untuk mengakut berbagai hasil pertanian,” kata dia.

Warga sekitar dan pera pengendara berharap adanya upaya perbaikan dari pemerintah provinsi. Apalagi akses tersebut adalah salah satu akses tercepat untuk menuju Kabupaten Indramayu dan Bandara Internasional Jawa Barat, oleh sebab itu agar para pengendara tidak terhambat karena kerusakan, kondisi jalan harus segera diperbaiki.

Selain itu, dirinya juga mengharapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka, bisa membantu mendorong, agar Pemerintah Provinsi bisa melakukan perbaikan.

\"Karena bagaimanapun juga, ini demi kebaikan masyarakat di Kabupaten Majalengka. Untuk itu saya berharap Pemerintah Daerah, bisa melakukan kordinasi dengan Pemerintah Provinsi, untuk segera melakukan perbaikan,\" ujarnya.

Selain kerusakan jalan, kata dia, akses tersebut masih minim fasilitas lalu lintas, seperti rambu-rambu dan lampu penerang jalan, ini masih minim dan sangat membahayakan jika dilintasi saat malam hari.

\"Oleh karena itu, selain adanya upaya perbaikan, penambahan fasilitas jalan bisa dilengkapi. Dengan tujuan agar bisa lebih nyaman saat dilintasi para pengendara saat siang maupun nyaman,\" pungkasnya.(hsn)

Sumber: