Hujan Disertai Angin Kencang Rusak Taman Kota

Hujan Disertai Angin Kencang Rusak Taman Kota

KUNINGAN – Hujan disertai angin kencang mengguyur Kuningan, Senin (13/3) sore. Akibatnya, tumbangnya dua pohon besar dilokasi yang berbeda di Kecamatan Kuningan. Pohon beringin yang berada di Taman Kota Kuningan salah satunya. 
\"pohon
Pohon tumbang di taman kota Kuningan. Foto: Gilang/Rakyat Cirebon
Pohon besar yang sudah berumur tua itu tumbang menimpa bangunan pujesara, toko dan juga dua gerobak dagangan. Beruntung tidak ada korban karena mereka berlari menyelamatkan diri.

Menurut Hamdan seorang karyawan di kedai Morena yang tidak jauh dari lokasi, kejadian pohon tumbang sangat cepat. Awalnya hujan deras dan sertai angin kencang. Kebetulan dirinya sedang berada di kedai dan betapa kagetnya mendengar suara benda jatuh apalagi posisi saat itu hanya terdengar suara hujan saja.

“Karena penasaran saya langsung berlari kesumber suara, betapa kagetnya melihat pohon yang begitu besar bisa tumbang dalam beberapa waktu saja,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Rukdi salah seorang pengunjung yang kebetulan berada di Pujasera mengungkapkan, melihat pohon beringin memutar dan terombang-ambing seperti yang akan tumbang. Benar saja dugaannya, pohon tersebut tumbang.

“Saya kaget ketika sedang makan dipujasera melihat pohon besar itu diterpa angin yang begitu besar. Sontak saya langsung waspada dengan menghindar ketempat yang aga jauh dari jatuhan pohon,” ucapnya.

Data yang berhasil dihimpun oleh Rakyat Cirebon, selain kerugian bangunan pujasera, juga dua grobak kebab dan cimol ikut hancur. Kemudian, toko Moveon ikut hancur.

Untungnga meski tertimpa pohon pegawai yang ada di dalam toko bisa menyelamatkan diri. Andai bangunan toko tersebut bukan bangunan coran maka ceritanya akan berbeda. Sedangkan motor Honda Beat milik Fani pemilik grobak Kebab ikut hancur. Bangunan pujasera sendiri porak-poranda sehingga mereka terpaksa tutup.

Tumbangnya pohon tersebut membuat aliran listrik ke pujasera ikut padam. Tampak para pedagang dan pegawai pujasera masih terlihat shock dengan kejadian ini.

“Dari laporan yang masuk ke kami baru dua titik yang terjadi pohon tumbang yakni Pujasera dan Jalan Lingkar Purwawinangun-Cijoho,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin yang langsung memantau ke lokasi.

Dari data yang didapat terakhir pukul 18.30 proses pembersihan pohon beringan masih berlangsung. Lama proses pemotongan yang dimulai dari jam 17.00 karena pohon tersebut panjangnya sekitar 15-20 meter dan berdiameter cukup lebar. (gio/mgg)

Sumber: