Pasokan Cabai Rawit Mulai Normal, Harganya Turun Rp50 Ribu

Pasokan Cabai Rawit Mulai Normal, Harganya Turun Rp50 Ribu

MAJALENGKA - Harga cabai rawit dan cabai merah di pasar Sindangkasih Kecamatan Cigasong sudah mulai turun sejak seminggu yang lalu. Penurunannya mencapai Rp50 ribu per kilogram atau menjadi Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kilogramnya.
\"harga
Harga cabai berangsur normal. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon
Penurunan harga tersebut disinyalir karena ketersediaan komoditi cabai rawit merah dan kriting sudah mulai normal. Normalnya stok kedua jenis cabai tersebut disebabkan karena para pedagang di pasar itu mendapat pasokan cabai dari petani lokal.

“Sebelumnya stok cabai rawit merah dan kriting sempat kurang. Namun sekarang sudah kembali normal karena ada pasokan untuk kedua jenis cabai itu dari Maja dan sekitarnya,” ujar Wahyudin pedagang setempat.

Padahal sebelumnya, harga cabai mencapai Rp120 ribu per kilogram untuk cabai biasa serta cabai domba sempat mencapai harga Rp160 ribu per kilogram. Tingginya harga cabai sempat dikeluhkan para pedagang makanan dan mereka terpaksa banyak yang beralih menggunakan cabe kering agar harga lebih murah.

Namun, saat harga cabai turun harga bawang merah justru melonjak tajam dan waktunya hampir bersamaan dengan turunnya harga cabai. Harga bawang merah kini mencapai Rp60 ribu per kilogram hingga Rp70 ribu per kilogram. Awalnya, harga bawang hanya mencapai Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram.

Menurut sejumlah pedagang sayuran, penurunan harga tersebut sudah berlangsung sejak seminggu, hanya penurunannya tidak langsung drastis melainkan hampir setiap hari mengalami penurunan sebesar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram.

Demikian juga dengan harga cabai merah, kata dia, kini hampir sama dengan harga cabai mencapai Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram. Malah untuk cabai merah para pedagang masih ada yang bersedia menjual Rp47.500 per kilogram bila pembeliannya cukup banyak.

“Pasokan sebetulnya sejak dulu juga tetap hampir sama seperti yang terjadi sekarang ini. Hanya memang ketika curah hujan sangat tinggi tingkat pembusukan pun sangat tinggi, itulah di antaranya yang menyebabkan harga cabai terus melonjak,” ungkap wahyudin.(hsn)

Sumber: