Jelang Pilkada Kuningan 2018, Bakal Calon Bupati Gencar Dongkrak Popularitas

Jelang Pilkada Kuningan 2018, Bakal Calon Bupati Gencar Dongkrak Popularitas

KUNINGAN – Menjelang Pilkada Kuningan 2018, para bakal calon bupati/wabup Kuningan semakin hari kian kencang bersosialisasi diri kepada masyarakat. Dari sekian banyak para bakal kandidat yang akan memperebutkan “kursi panas” orang nomor 1 di Kuningan, sosok Bupati H Acep Purnama SH MH dari sejumlah survei menempati posisi teratas baik dari sisi popularitas maupun elektabilitas.
\"jelang
Popularitas Acep Purnama dinilai makin naik. Foto: Mumuh/Rakyat Cirebon
Berdasarkan salah satu survei yang dilakukan Kelompok Pencinta Kota Kuda (KPK2), warga Kabupaten Kuningan sudah sangat mengenal Acep sejak ia menjabat ketua DPRD dan kemudian menjadi pasangan Wakil Bupati bersama Bupati (almarhumah) Hj Utje Ch Suganda SSos MAP pada Pilkada 2013 lalu. Popularitas Acep semakin melambung kala dia mendapat peralihan posisi dari wakil bupati menjadi bupati menggantikan Hj Utje Ch Suganda yang meninggal dunia April 2016 lalu.

Kendati survei dilakukan kecil-kecilan karena hanya mewawancarai sejumlah orang yang ada di 8 Kecamatan, KPK2 yang diketuai Fikron Luthfy Arif ini menyimpulkan untuk saat ini popularitas dan elektabilitas Acep menempati posisi tertinggi dibanding para calon kandidat yang lain. 

“Sebenarnya kita cuma iseng-iseng aja pengen tahu sejauhmana informasi di masyarakat tentang orang-orang yang akan mencalonkan bupati atau wakil bupati Kuningan nanti di Pilkada 2018. Kita juga sama sekali tidak memiliki lembaga survei, ini hanya survei kecil-kecilan saja dengan teknik sendiri. Kami mensurvei masyarakat dari perwakilan 8 Kecamatan di Kuningan, ternyata hasilnya Pak Acep lebih dikenal masyarakat ketimbang yang lain,” kata Fikron dalam rilisnya yang dikirim kemarin (28/2).

Ia menyebutkan, dari informasi yang diperolehnya berdasarkan survei tersebut, masyarakat yang ada di sejumlah desa di 8 Kecamatan sudah mendapat informasi baik dari obrolan masyarakat  maupun dari media bahwa H Acep Purnama SH MH akan mencalonkan kembali pada Pilkada 2018. Ia menyebut ketujuh kecamatan tersebut terdiri dari Kecamatan Kuningan, Kramatmulya, Jalaksana, Luragung, Ciawigebang, Cidahu, Darma dan Kecamatan Mandirancan.

“Kita melakukan survei kecil-kecilan ini dari  Januari awal. Di 8 Kecamatan itu kita cari tahu ke teman-teman disana bagaimana informasi yang didapat masyarakat tentang isu Pilkada Kuningan, termasuk siapa saja yang paling mereka kenal untuk calon bupati. Rata-rata mereka menginformasikan Pak Acep lebih dikenal daripada yang lain. Tapi ini bukan untuk dijadikan patokan, hanya ingin mewarnai saja untuk informasi. Survei ini bisa betul bisa juga salah,” sebut Fikron.

Kendati Acep masih teratas dalam elektabilitas dan popularitas, Fikron mengatakan terdapat nama-nama bakal kandidat lainnya yang kini mulai dikenal di masyarakat, diantaranya ketua DPC PDI Perjuangan Rana Suparman SSos, Ketua AMPG (Angkatan Muda Partai Golkar) H Dudy Pamuji SE MSi, Ketua DPD PAN H Udin Kusnaedi SE MSi.

Muhammad Ridho Suganda SH atau Edo (Putra Bungsu H Aang Hamid Suganda), Direktur RSU Kuningan Medical Centre (KMC) dr Toto Taufikurohman Kosim, politisi Demokrat HT Mamat Robby Suganda SSos MAP, Ketua DPC PKB H Ujang Kosasih MSi, dan Wakil Ketua DPRD Drs Toto Suharto SFarm Apt serta sejumlah nama lainnya.

“Kalau Pak Acep lebih dikenal menurut saya wajar karena beliau menjabat bupati. Saya yakin kalau yang lainnya sering turun ke masyarakat untuk bersosialisasi dari sekarang, bisa juga popularitas dan elektabilitas Pak Acep dikejar. Yang jelas rata-rata dari masyarakat mengetahui nama-nama para bakal kandidat ini dari media,” pungkas Fikron. (muh)

Sumber: