Diding: Kalau Warga Menghendaki, Saya Siap Nyalon Lagi

Diding: Kalau Warga Menghendaki, Saya Siap Nyalon Lagi

KESAMBI - Masa jabatan ketua RW 2 Karang Mulya Kelurahan Drajat Kecamatan Kesambi Kota Cirebon akan berakhir pada Maret tahun ini. Kini masyarakat di RW tersebut sudah mulai sibuk mempersiapkan hajat demokrasi pemilihan RW di wilayahnya.
\"Ketua
Ketua RW 2 Karang Mulya Diding Suhadi (kiri). Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Ketua RW 2 Karang Mulya, Diding Ruhadi saat diwawancarai wartawan koran ini menyampaikan, kepengurusannya selama tiga tahun akan habis. Dan pengurus sudah membentuk kepanitiaan untuk pemilihan ketua RW yang baru.

\"Masa jabatan saya sudah mau habis, tepatnya nanti tanggal 20 Maret. Kami sudah bentuk panitia pemilihan RW,\" ungkap Diding saat ditemui rakcer belum lama ini.

Menurutnya, jika mengacu kepada peraturan daerah tentang pelaksanaan pemerintahan di tingkat RW, menjelang masa bakti habis memang semua persiapan harus segera dilakukan. 

Pasalnya, ia tidak mengharapkan setelah masa jabatan habis terjadi kekosongan kepemimpinan. Sehingga pihaknya harus bergerak cepat agar saat masa jabatan RW yang lama habis sudah terpilih RW yang baru.

\"Kita kebut dari sekarang, supaya pas masa jabatan habis ketua RW yang baru sudah terpilih, jadi tinggal serah terima saja,\" lanjut dia.

Kepanitiaan yang sudah terbentuk, saat ini sudah mulai bergerak dan sudah melewati masa penjaringan pada batas waktu tanggal 15 lalu.

Sistem pemilihan, kata dia, akan menggunakan sistem yang biasa sebagaimana diamanahkan dalam Perda. Yakni, dari satu RT, tiga orang pengurus yang merupakan ketua sekretaris dan bendahara. Ditambah sepuluh orang perwakilan warga akan ikut menyumbangkan suaranya.

\"Sosialisasi dan penjaringan sudah dilakukan, penjaringan kemarin sampai 15 Februari. Dalam pelaksanaannya, kami tetap sesuai aturan perda yakni dengan keterwakilan saja,\" jelas Diding.

Disoal mengenai apakah dirinya akan kembali maju dan mencalonkan diri, Diding menyerahkan semuanya kepada masyarakat. Menurutnya, setiap manusia pada hakikatnya adalah pemimpin, dan manusia tidak boleh menolak hakitanya tersebut.

\"Saya secara pribadi menyatakan kesiapan, tapi itu saya kembalikan kepada masyarakat, tentu jika dipercaya saya harus siap,\" katanya. 

Ia berharap, walaupun kedepan ada sosok baru yang lebih dipercaya masyarakat, semua program yang sudah berjalan jika itu baik ia minta dilanjutkan. “Disamping harus lebih banyak lagi program baru yang lebih baik,” imbuhnya. (sep)

Sumber: