Sungai Cimanuk Seharusnya Segera Direvitalisasi

Sungai Cimanuk Seharusnya Segera Direvitalisasi

Bupati Anna Ogah Kembali Terjadi Bencana

KERTASEMAYA - Tidak mau bencana melanda di Kabupaten Indramayu akibat buruknya sungai Cimanuk, Bupati Hj Anna Sophanah meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) segera mengambil tindakan revitalisasi.
\"Sekda
Sekda Jabar bersama Bupati Indramayu beri bantuan. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon

Pendangkalan dan kondisi tanggul yang sudah kritis dinilai dapat memudahkan aliran air meluap atau mengakibatkan jebolnya tanggul.

Hal itu disampaikan bupati dihadapan Sekertaris Daerah Jawa Barat, DR H Iwa Karniwa saat kunjungan kerja dan penyerahan bantuan di Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, Selasa (7/2).

Dikatakan, perlunya dilakukan revitalisasi terhadap sungai Cimanuk dikarenakan kondisinya sudah rawan terjadinya bencana. Selain mengalami sedimentasi, juga semakin bertambahnya titik tanggul kritis.

Bahkan, pintu air dan kelep gorong-gorong tidak sedikit yang mengalami kerusakan hingga sudah tak berfungsi.‎ \"Saya minta sungai Cimanuk segera dikeruk atau dinormalisasi. Juga perbaikan pada pintu-pintu airnya,\" pinta bupati.

Selama ini, banjir yang kerap terjadi di Indramayu disebabkan tingginya debit air dan meluap. Kondisi itu dipastikan karena air dari hulu sudah di atas normal dan melebihi ambang batas aman.

Belum lama ini pula, banjir kembali merendam ratusan rumah dan kebocoran maupun rembesan di sejumlah titik tanggul.

\"Kami minta Pemerintah Provinsi Jawa Barat andil membantu memperbaiki sungai Cimanuk. Kami tidak mau ada bencana banjir lagi setiap debit airnya tinggi,\" desaknya.

Disamping itu, peran aktif dan kepedulian masyarakat juga dibutuhkan dalam menjaga lingkungan. Adapun langkah yang dilakukan salah satunya dengan menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

Sementara Sekda Iwa yang menanggapi permintaan Bupati Anna menyatakan kesiapannya untuk membantu.

Pihaknya akan segera mengundang pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung.

\"BBWS harus segera melakukan langkah-langkah di lapangan agar banjir tidak terjadi lagi di Indramayu. Kami akan membicarakannya lebih lanjut,\" tegas dia.

Sedangkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Edi Kusdiana berharap kesiapan pemprov akan segera direalisasikan. Sehingga potensi ancaman bencana dapat lebih ditekan dan tidak ada keresahana di masyarakat. (tar)

Sumber: