Prihatin Huni Kandang Kambing, Ayu Kunjungi Umyati

Prihatin Huni Kandang Kambing, Ayu Kunjungi Umyati

ASTANAJAPURA -  Isteri Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih, mengunjungi kediaman korban  Umyati, yang menjadi korban bencana alam angin puting beliung yang merobohkan rumahnya di Desa Japurabakti,Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Selasa (03/1).
\"Umyati
Umyati menangis di hadapan istri bupati. Foto: Kim/Rakyat Cirebon

Ditambah lagi, karena rumahnya roboh diterjang hujan deras dan banjir, Umyati dan keluarga akhirnya terpaksa tinggal di sebuah kandang kambing.

Dengan demikian, sepulangnya dari Umrah, Ayu langsung menyempatkan diri mengunjungi dan memberi perhatian khusus terhadap Umyati.

\"Ini saya lakukan karena saya juga merasa sangat terharu dengan kondisi keluarga korban. Ada kabar, rumahnya roboh dan tinggal di kandang kambing. Waktu itu saya sedang Umroh, jadi tidak bisa langsung kesini. Dan akhirnya, setelah pulang, saya langsung kesini menemui Ibu Umyati,\" kata dia.

Dikatakan, sebagai bentuk kepeduliannya, Ayu juga mengajak Umyati bersama keluarga untuk sementara waktu tinggal di Pendopo.

Akan tetapi, entah karena alasan apa, Umyati menolak niat baik Ayu.

\"Saya juga sengaja ajak ke Pendopo. Tapi karena tidak mau, kami juga tidak bisa memaksakan,\" kata dia.

Menurutnya, kondisi yang diaami oleh keluarga Umyati harus menjadi perhatian semua pihak, bukan hanya pemerintah daerah.

Sejak akhir tahun 2016 ini, kata dia, masyarakat Kabupaten Cirebon harus waspada dengan adanya bencana yang datang.

\"Banyak terjadi bencana akhir-akhir ini. Soal sampah, semua daerah menjadi masalah. Ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Tapi masyarakat juga bisa jaga kebersihan dan harus bisa didik untuk anak-anak agar bisa jaga kebersihan. Dengan demikian, itu semua bisa meminimalisir adanya banjir,\" kata dia.

Dalam kunjungannya tersebut,  ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Cirebon ini bukan hanya memberikan bantuan, melainkan dukungan moril kepada korban dan anak korban agar bisa tetap melanjutkan pendidikannya.

\"Untuk bantuan, ada beberapa bantuan, seperti sembako dan sudah dilakukan pembangunan rumah,\" kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Maryono, saat mengikuti kunjungan Ayu, mengungkapkan, sudah memberikan bantuan berupa sembako dan peralatan tidur untuk Umyati dan keluarga.

\"Kita juga Dinsos sudah memberikan bantuan sembako dan selimut serta yang lainnya beberapa waktu lalu,\" kata dia. (kim)

Sumber: