Perkuat Toleransi Umat Beragama, Ribuan Banser Jaga Gereja

Perkuat Toleransi Umat Beragama, Ribuan Banser Jaga Gereja

INDRAMAYU – Perkuat  toleransi antar umat beragama dan menjaga terjaganya kebinekaan sesuai aturan perundangan yang berlaku, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Indramayu turunkan ribuan personelnya, untuk jaga Gereja di malam perayaan natal.
\"banser
Banser Indramayu jaga gereja. Foto: Apriyanto/Rakyat Cirebon

“Laksanakan toleransi kerukunan antar umat beragama, karena amanat UU, bukan mengamankan apalagi ikut peribadatan umat kristiani,” beber Miftahul Fatah, Ketua PC GP Ansor Indramayu.

Lanjut Miftah, apa yang dilakukan oleh Banser dengan menjaga gereja dalam pelaksanan perayaan hari natal, ialah  sebagai bentuk nyata dalam melaksanakan cinta kepada kemanusiaan.

“Sebagaimana hubungan antar sesama manusia, siapapun berhak hidup dan beribadah dengan aman dan nyaman, makanya, ribuan personel Banser akan kami turunkan untuk menjaga gereja pada malam perayaan hari natal,” tegasnya.

Sosok yang akrab disapa Kang Itak tersebut mengungkapkan, apa yang dilakukan Banser dalam menjaga gereja pada malam natal tersebut, tentunya sudah dikordinasikan dengan pihak kepolisian Polres Indramayu.

Sehingga, dalam pelaksanaanya pun akan berjalan dengan baik, apalagi kegiatan tersebut sudah biasa dilakukan PC GP Ansor Indramayu dari tahun ke tahun.

“Ada 7 titik yang akan jadi fokus penjagaan oleh Banser, diantaranya Haurgelis, Kandanghaur, Kroya, Jatibarang, Indramayu, dan Juntinyuat,” tuturnya.

Ditegaskan, pihaknya juga memonitoring langsung personel Banser di setiap titik, termasuk juga berkomunikasi dengan romo gereja, sehingga jalilan silaturahmi antar umat beragama semakin kokoh.

Sementara itu, Kepala Satuan Kordinator Cabang (Kasatkorcab) Banser PC GP Ansor Indramayu, Yusuf menambahkan, pihaknya sudah berkordinasi dengan seluruh personel Banser dalam melakukan penjagaan di gereja pada malam perayaan hari natal. termasuk sudah membagi personelnya di setiap titik.

“Kami sudah siap 100 persen, tinggal menunggu waktu saja,” tegasnya.

Dia juga menuturkan, ribuan personel yang diturunkan tersebut akan terbagi-bagi menjadi beberapa bagian, seperti Banser Lalu Lintas (Balantas) dan Banser Tanggap Bencana (Bagana).

Merekapun, akan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. “Sudah kami siapkan secara matang dari jauh-jauh hari, “ pungkasnya. (yan/mgg)

Sumber: