Polsek akan Difungsikan sebagai Rest Area

Polsek akan Difungsikan sebagai Rest Area

PALIMANAN – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Irjen Pol Bambang Waskito SH MM menginstruksikan kapolres untuk menjadikan mapolsek di jalur mudik sebagai rest area.
\"kapolda\"
Kapolda Jabar, Irjen Pol Bambang Waskito. Foto:Asep/Rakyat Cirebon

Instruksi itu, setelah kapolda melakukan pengecekan kesiapan mudik di sepanjang Tol Cikopo sampai pintu tol di Brebes, beberapa waktu lalu.

Dikatakan jenderal polisi bintang dua itu, dalam pengecekan di jalur tol banyak yang harus diperbaiki termasuk parkir, kamar mandi dan keamanan.

“Banyak hal-hal yang kita sarankan untuk ditingkatkan kenyamanannya, termasuk parkir di setiap rest area,” katanya kepada awak media, belum lama ini.

Sehingga, lanjut Bambang, jika tol tidak lagi bisa menampung volume kendaraan, maka   dimungkinan sekali adanya pemindahan jalur arus mudik ke daerah yang akan menjadi pilihan utama.

“Saya instruksikan anggota di bagiannya, dan nanti juga akan dibuatkan surat secara resmi kepada jajaran saya. Saya minta untuk polsek dijadikan rest area di luar jalur tol,” kata Bambang.

Untuk persiapan lainnya, lanjut Bambang, pihak kepolisian akan terus meningkatkan persiapan dengan berkoordinasi dengan berbagai unsur, mengingat menjaga kelancaran arus mudik merupakan tanggung jawab bersama.

“Bentuk pelayanan prima kepolisian kepada para pemudik akan dimaksimalkan. Tapi saya minta bantuan kepada seluruh masyarakat untuk bisa bekerjasama,” katanya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Rakcer di lapangan saat peninjauan, ada beberapa rekayasa jalur yang dipersiapkan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, diantaranya adalah menyederhanakan pembayaran di pintu tol guna mengurai volume kendaraan.

Selain itu, seperti biasa buka tutup jalan juga kemungkinan masih akan diberlakukan pada arus mudik tahun ini.

“Kita juga tadi terima masukan dari pengelola, diantaranya adalah penyederhanaan pembayaran di pintu tol. Intinya kita akan melayani dan mengupayakan kelancaran arus mudik tahun ini,” pungkas kapolda. (sep/mgg)

Sumber: