Yamaha_detail

Pelayanan Kesehatan Jadi Sorotan

Pelayanan Kesehatan Jadi Sorotan

Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon menggelar rapat gabungan antara Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon dengan Dinas Kesehatan, RSUD Waled, RSUD Arjawinangun, BPJS dan Perwakilan Puskesos, kemarin.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Persoalan sosial menumpuk di Kabupaten Cirebon. Tak bisa diselesaikan hanya dengan menyerahkan ke satu pihak. Perlu sinergitas antara eksekutif dan legislatif. Sebut saja salah satunya, terkait persoalan layanan kesehatan.

Belum lama ini, pelayanan di rumah sakit milik daerah menjadi sorotan. Banyak keluhan bersarang ke meja wakil rakyat. Padahal layanan kesehatan ini menjadi kewajiban dasar pemerintah kepada warganya. Ketika dikeluhkan, artinya pemerintah tidak mampu menjamin pelayanan yang baik. Kesehatan menjadi hajat bersama yang harus dipenuhi oleh pemerintah.

Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon pun melakukan serangkaian tindakan. Mulai dari inspeksi mendadak (Sidak) ke salah satu RSUD hingga menindaklanjuti dengan menggelar rapat kerja.

“Ini tindak lanjut dari banyaknya keluhan yang masuk ke kita,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Siska Karina SH MH usai menggelar rapat gabungan antara Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon dengan Dinas Kesehatan, RSUD Waled, RSUD Arjawinangun, BPJS dan Perwakilan Puskesos, kemarin.

Hasil dari rapat gabungan tersebut, ada beberapa bahasan yang menjadi kesepakatan bersama. Utamanya, terkait perbaikan pelayanan kesehatan. Kemudian sistem rujukan baik dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sampai ke Rumah Sakit (RS).

“Perbaikan pelayanan baik di puskesmas maupun RSUD mulai dari perawat sampai dokter dan managemennya,” kata Siska.

Kemudian tutur politisi Golkar itu, lahir kesepakatan perubahan atau addendum berita acara antara Dinas Kesehatan (Dinkes) dan BPJS. Tak hanya itu, didalamnya juga dibahas berkaitan dengan standar harga tarif. “Terakhir, kita juga membahas alur sistem pengajuan aktivitas kartu BPJS dalam kondisi UHC. Kita minta agar alurnya bisa dipermudah,” pungkasnya. (zen)

Sumber: