PDIP Fokus Satu Paket untuk Kabupaten Cirebon, Imron-Ayu Prioritas Utama

PDIP Fokus Satu Paket untuk Kabupaten Cirebon, Imron-Ayu Prioritas Utama

H Imron Rosyadi dan Hj Wahyu Tjiptaningsih diprediksi akan kembali diusung PDIP untuk Bupati dan Wakil Bupati Cirebon.--

 

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Kader PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon menginginkan, perhelatan Pilkada 2024 nanti, kontestannya tetap Imron-Ayu. Keduanya tetap akan dipertahankan dan mendapat dukungan penuh dari kader banteng Kabupaten Cirebon.

 

"Kalau di PDIP, incumbent itu pasti diusung kembali. Itu jelas hasil kongres 2017 di Bali," tegas Wakil Ketua Bidang Politik DPC PDIP, Ujang Sawita, Senin (13/6).

 

Apalagi, Imron sendiri saat ini posisinya sebagai ketua DPC. Pemangku kebijakan partai di daerah. Loyalitas dan sumbangsihnya terhadap partai tidak diragukan lagi.

 

Dia mengakui, perhelatan pilkada setelah pilpres dan pileg. Tiket untuk mengantarkan kontestannya pun berdasarkan perolehan kursi di pileg nanti. Makanya, belum ada jaminan. Apakah bisa kembali mengirimkan satu pasangan calon atau tidak. Makanya, konsentrasinya saat ini, bagaimana memenangkan Pileg 2024.

 

"Kita tidak terpikirkan untuk koalisi. Kita inginnya bisa satu pasangan calon. Makanya sekarang lagi giat-giatnya untuk meraih simpati publik. Agar bisa memenangkan pileg," kata dia.

 

Meski demikian, lanjut Ujang, dukungan dari partai lain tetap harus ada. Tetap dibutuhkan. Namun, pada dasarnya, PDIP siap tempur ketika harus berhadapan dengan partai manapun. Tidak terkecuali Golkar. Apalagi, sejarahnya PDIP di Kabupaten Cirebon ini, tidak pernah terkalahkan. Meski menjadi musuh bersama.

 

Sebut saja, seperti pada saat Pilkada 2018 lalu. PDIP habis-habisan digempur semua partai. Tapi, hasil akhir tetap mengantarkan kandidat E1 dan E2 dari PDIP. "Dulu kita jadi musuh semua partai. PDIP jadi musuh bersama itu hal biasa. Tapi tetap menang kan," imbuhnya.

 

Menurut Ujang, bahasan pilkada belum waktunya. Masih lama. Jangankan pilkada yang menjadi hajat di daerah, di pusat pun, belum ada keputusan terkait kontestan yang akan direkomendasi PDIP pada perhelatan Pilpres 2024 mendatang.

 

Disinggung terkait kedekatan PDIP dengan partai lain untuk kemungkinan berkoalisi, Ujang tak menjawab pasti. Jawaban yang disampaikannya pun diplomatis. "Kita (PDIP, red) deket dengan semua partai politik yang ada," katanya.

 

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDIP Kabupaten Cirebon, H Anwar Asmali menyampaikan, PDIP Kabupaten Cirebon tidak menjamin akan mengusung incumbent, dalam hal ini Drs H Imron MAg pada helatan Pilkada 2024 mendatang. Pasalnya, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu, memiliki segudang kader potensial.

 

Sejumlah nama yang bisa dimunculkan, ada Bambang Mujiarto yang kini menduduki kursi DPRD Provinsi Jawa Barat, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Rudiana, Sekretaris DPC PDIP Dr Shofi Zulfia SH MH, mantan Ketua DPC PDIP H Mustofa dan kader lainnya. Selain itu, ada incumbent yakni Bupati dan Wakilnya, Imron-Wahyu Tjiptaningsih. (zen)

 

Sumber: