Bupati: Jangan Hanya Paham Budaya Saja

Bupati: Jangan Hanya Paham Budaya Saja

AUDIENSI. Finalis Pasanggiri Nok Nang Dermayu 2022 bersama Bupati Indramayu Nina Agustina usai audiensi. Para finalis harus memiliki kemampuan menyampaikan ide dalam rangka meningkatkan kearifan lokal Indramayu. --

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU-Finalis Pasanggiri Nok Nang Dermayu tahun 2022 dituntut harus paham. Bahkan, cakap terkait program Pemerintah Kabupaten Indramayu. 

Juga penting memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan kearifan lokal.

Hal itu terungkap dalam audiensi para finalis dengan Bupati Indramayu Nina Agustina, Rabu (29/6). Kegiatan ini merupakan rangkaian City Tour Finalis Pasanggiri Nok Nang Dermayu 2022, atau Pemilihan Duta Pariwisata dan Budaya Indramayu.

Pada kesempatan itu, para finalis Pasanggiri Nok Nang Dermayu banyak menerima masukan dari bupati. Salah satunya, selain paham dan cakap tentang kesenian budaya khas Indramayu, juga perlu mengetahui program Pemkab Indramayu.

Dalam hal ini para peserta Nok Nang Dermayu ini perlu untuk memahami dan cakap terkait program Pemkab Indramayu. Baik 99 program prioritas maupun 10 program unggulan.

"Nok Nang Indramayu benar-benar bisa mengenal Indramayu itu sendiri. Selain kesenian dan budaya khas Indramayu maupun potensi wisatanya, juga nanti bagaimana Pemerintah Kabupaten Indramayu ini yang memiliki program bisa dipahami untuk kemudian disampaikan kepada masyarakat," ujar Bupati Indramayu Nina Agustina, kemarin.

Menurutnya, program unggulan yang dilakukan pemkab salah satunya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indramayu yang masih rendah di antara kabupaten/kota di Jawa Barat.

"Lebih terpenting Indramayu ini IPM-nya rendah yakni nomor 24 dari 27 kabupaten kota di Jawa Barat. IPM ini terdiri dari ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Sehingga, bagaimana nanti Nok Nang ini paham program Indramayu dalam rangka meningkatkan IPM. Jangan hanya paham budaya Indramayu saja," ungkapnya.

Nina juga mengatakan, penting pula bagi para finalis, memiliki kemampuan menyampaikan ide dalam rangka meningkatkan kearifan lokal Indramayu. 

"Kemudian bagaimana cara untuk meningkatkan kearifan lokal kita, jika kearifan lokal Indramayu dikembangkan melalui ide brilian yang dimiliki finalis pasanggiri Nok Nang Dermayu bisa menjadi nilai ekonomi bagi masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparra) Kabupaten Indramayu menggelar Unjuk Kabisa Nok Nang Dermayu Tahun 2022 pada 28 Juni 2022. (tar)

Sumber: