Dukung Kelestarian Batik Ciwaringin, Indocement Diganjar Gold Award

Dukung Kelestarian Batik Ciwaringin, Indocement Diganjar Gold Award

TERIMA. Managemen Indocement meraih penghargaan Gold dalam ajang CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk – Unit Pabrik Palimanan (Indocement) berhasil meraih Gold Award dalam ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2022 yang diselenggarakan pada 23 Juni 2022 di Ballroom JS Luwansa Hotel dan Convention Center Jakarta. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof Dr KH Ma’ruf Amin kepada Ir Otto Ahadijat selaku Assistant General Manajer Indocement. Penghargaan kategori Gold diperoleh Indocement atas kontribusinya dalam percepatan pembangunan desa dalam pencapaian SDG’s Desa melalui pengembangan Indobatik Ciwaringin Menuju Wisata Kampung Batik. 

Assistant General Manajer Indocement Ir Otto Ahadijat menjelaskan penghargaan ini diselenggarakan atas kerja sama antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF).

BACA JUGA:Gandeng Ibu-ibu Kader, RS Sumber Kasih Gelar Lomba Kreasi Mie

Indobatik Ciwaringin adalah kampung pengrajin batik tulis berwawasan lingkungan yang telah diwariskan secara turun temurun sejak 1833. Akhir-kahir ini, budaya membatik hampir punah. 

"Namun berhasil dikembangkan dan dilestarikan kembali oleh Indocement bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada dalam menciptakan pewarna alami yang ramah lingkungan. Sehingga menjadikan Indobatik Ciwaringin sebagai sentra batik tulis pewarna alami dan berhasil mendapatkan ekolabel dari KLHK," katanya.

Saat ini sebanyak 63 pembatik di Ciwaringin telah memiliki sertifikat dari lembaga sertifikasi profesi batik. Sudah memiliki 6 hak cipta dari Kemenhumkam terhadap motif khas Ciwaringin. Yaitu Pecutan, Gribigan, Yusupan, Rajeg Wesi, Pring Sedapur dan Gedangan. 

BACA JUGA:Mulai Hari Ini, Roda Empat Wajib Daftar BBM Subsidi

Promosi penjualan batik, dilakukan dengan berbagai cara. Online dan offline. Selain melalui koperasi Anugerah Batik dan 10 showroom yang berada di Ciwaringin, juga mitra hotel, pameran dan publikasi. (zen/rls)

Sumber: