RW 11 Mekar Mulya Dinobatkan jadi Kampung Seni dan Budaya

RW 11 Mekar Mulya Dinobatkan jadi Kampung Seni dan Budaya

POTONG TUMPENG. Pemotongan tumpeng menandai dinobatkannya RW 11 Mekar Mulya menjadi Kampung Seni dan Budaya, Sabtu (2/7/2022).--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - RW 11 Mekar Mulya Kelurahan Karyamulya Kecamatan Kesambi dinobatkan menjadi Kampung Seni dan Budaya. Peluncurannya dipimpin langsung Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati, Sabtu (2/7/2022) malam di lapangan kelurahan setempat. 
 
Sederet kesenian khas Cirebon dipentaskan pada malam bersejarah bagi warga Karyamulya tersebut. Antara lain Hadroh Asy-syabab Al-Muhibbin, tari topeng kelana, jaipong kembang tanjung, tari bajidor kahot, tari srimpi, musik karinding, hingga tari kreasi ala warga Karyamulya. 
 
Penobatan RW 11 Mekar Mulya menjadi Kampung Seni dan Budaya disambut antusias warga. Sejak acara dibuka, warga memadati lokasi acara. Sorak sorai dan tepuk tangan terus bergemuruh sepanjang acara. 
 
 
Sejumlah tokoh juga nampak hadir dan menikmati pertunjukan seni. Di antaranya Asda Kota Cirebon Drs Sutisna MSi, Anggota DPRD Yusuf SPdI, Camat Kesambi Otang Sumantri ST, Lurah Karyamulya Wawan Gunawan SE, Ketua LPM Karyamulya H Muhammad Yani SH, serta Ketua RW dan RT se Kelurahan Karyamulya.
 
 
Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati mengaku terpukau melihat antusias warga Karyamulya menyambut peluncuran Kampung Seni dan Budaya RW 11 Mekar Mulya. 
 
"Tentu ini kebahagiaan tersendiri bagi saya. Ini menunjukan kreativitas tidak saja anak-anaknya tapi semua, RW nya, lurahnya dan semua tokoh yang terlibat," kata dia.
 
 
Eti pun mendukung penuh kegiatan tersebut. Lantaran dapat menjadi hiburan rakyat sekaligus pembangkit ekonomi di Kelurahan Karyamulya. 
 
"Mudah-mudahan bisa setiap bulan. Karena kalau kegiatannya ramai dampaknya ke ekonomi juga. Pedagang di sekitar ikut merasakan dampaknya," jelas Eti.
 
Selain itu, singgung Eti, pengembangan seni dan budaya sejalan dengan visi-misi Pemkot Cirebon di era kepimimpinan Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH. "Visi-misi saya bersama Pak Azis salah satunya mendorong seni dan budaya," ujat Eti. 
 
 
Asda Kota Cirebon, Drs Sutisna MSi menyampaikan, adanya panggung seni di tingkat kelurahan diharapkan memacu munculnya kreativitas warga. 
 
"Saya berpesan, seni dan budaya yang dikembangkan bener-bener seni dan budaya yang positif bermaslahat. Karena ada nilai tambah dari kegiatan ini," ujar Sutisna. 
 
 
Anggota DPRD Kota Cirebon, Yusuf SPdI mengatakan, pentas seni dan budaya di RW 11 Mekar Mulya dapat dijadikan ajang memperkuat keguyuban warga.
 
Dia pun bakal menyampaikan adanya panggung seni dan budaya ke Komisi III DPRD Kota Cirebon untuk turut mendukung. 
 
 
Ketua RW 11 Mekar Mulya, Aswadi SPd dinobatkannya RW 11 Mekar Mulya sebagai Kampung Seni dan Budaya didasari munculnya kreativitas warga di bidang seni. Pihaknya pun mewadahi kreativitas itu dengan panggung seni dan budaya.
 
"Akan kami selenggarakan rutin sebulan sekali. Sebagai acara bulanan yang tentunya kami membutuhkan partisipasi dari banyak pihak," ujar Aswadi.
 
Lurah Karyamulya, Wawan Gunawan SE memastikan, panggung seni dan budaya terbuka bagi talenta kreatif seluruh RW dan RT di kelurahan yang dipimpinnya. "Ini hanya pembuka saja. Ke depan bakal banyak lagi kesenian yang ditampilkan," tegas Wawan. (wan)

Sumber: