Jamaah Haji Asal Kabupaten Cirebon Datang Akhir Pekan

Jamaah Haji Asal Kabupaten Cirebon Datang Akhir Pekan

PERSIAPAN. Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Cirebon, Yuto Nasikin menyebut kepulangan jamaah haji asal Kabupaten Cirebon dimulai Sabtu (16/7). FOTO: IST/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Rombongan pertama jamaah haji asal Kabupaten Cirebon, dijadwalkan akan datang pada Sabtu (16/7) mendatang. Kedatangan rombongan pertama yang tercatat pada kelompok terbang (kloter) 02 itu, akan landing di Bandara Soekarno Hatta di pagi hari. Kemudian rombongan akan menuju Debarkasi Jakarta-Bekasi terlebih dahulu dan baru menuju pulang ke Kabupaten Cirebon.

"Diperkirakan pada Sabtu 16 Juli pukul 16.00 WIB atau sore harinya. Rombongan jamaah haji baru sampai di Asrama Watubelah. Kami sudah rapat koordinasi dengan Pemkab Cirebon, perihal teknis penjemputan," ungkap Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Cirebon, Yuto Nasikin di kantornya, Selasa (12/7).

Yuto menjelaskan, mekanisme penjemputan para jamaah haji akan dimulai di Debarkasi Jakarta-Bekasi menggunakan bus. Nantinya, akan berhenti di rest area terlebih dahulu sebelum ke Asrama Watubelah, Kabupaten Cirebon. Sehingga, pihaknya mewanti-wanti bagi rombongan jamaah haji tidak berpisah, dan bahkan turun di lokasi yang ditentukan.

"Bagi semua jamaah terlebih keluarga, jangan menjemput di Debarkasi Jakarta-Bekasi, apalagi di rest area tol. Karena tugas kami menjemput dan memberangkatkan sesuai mekanisme, supaya tidak berpencar," katanya.

Di sisi lain, berdasarkan laporan petugas haji, sementara ini mayoritas para jamaah dalam keadaan sehat. Meskipun ada yang meninggal satu orang atas nama Jamhari (60 tahun) asal Desa Cipeujeuh Wetan yang masuk pada Kloter 36 dan tergabung pada KBIH Wadifatimah.

"Untuk yang meninggal karena sakit, dan sudah dimakamkan di Arab Saudi. Beliau tercatat pada kloter akhir," ujarnya.

Sementara, untuk kedatangan berikutnya yang masuk pada Kloter 19 akan pulang pada Jumat 29 Juli 2022. Sedangkan untuk kloter 36 yang masuk rombongan akhir, akan tiba di Indonesia pada Senin 8 Agustus 2022.

"Semoga semuanya berjalan lancar dan tanpa rintangan apapun. Kepada semua jamaah yang sudah menjalankan proses haji di Arab Saudi, sepulang ke Indonesia menjadi haji mabrur dan mabruroh," pungkasnya. (yog)

Sumber: