HUT RI ke 77 di Kabupaten Cirebon Bakal Semarak

HUT RI ke 77 di Kabupaten Cirebon Bakal Semarak

JANJIKAN MERIAH. Ketua Panitia HUT RI ke 77, H Asdullah menjelaskan pelaksanaan HUT RI tahun 2022 bakal meriah.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Sepuluh ribu rakyat Cirebon akan dikerahkan memperingati kemerdekaan 17 Agustus 2022. Diprediksi, perayaan HUT RI tahun ini, bakal jauh lebih meriah dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu, sejalan dengan menurunnya angka positif Covid-19. Sehingga, menjadi gerakan semangat baru pasca dua tahun tak ada perayaan dimasa pandemi.

Wacana itu, disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Peringatan HUT RI ke 77 tingkat Kabupaten Cirebon, Drs H Asdullah MM. Menurutnya, rangkaian HUT RI di Kabupaten Cirebon dipastikan lebih semarak.

Banyak kegiatan positif yang akan dirangkai. Pihaknya tidak sendiri, melainkan melibatkan banyak pihak. Termasuk masyarakat umum, komunitas, dan ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Cirebon.

"Kegiatan HUT RI memang sudah biasa digelar setiap tahun. Tapi, dua tahun terakhir agenda itu ditiadakan lantaran pandemi covid-19. Tahun ini, akan  melibatkan banyak orang karena kasus covid-19 makin menurun," ujar Asdullah, Rabu (13/7).

Rangkaian peringatan HUT RI itu, akan dimulai Minggu depan. Tepatnya 18 Juli. Banyak kegiatan yang dihelat. Selain jalan sehat bersama rakyat, ada juga gowes dan mancing mania. Termasuk lomba festival seni budaya Cirebon.

"Pelaksanaan akan banyak melibatkan banyak pihak seperti olahragawan, seniman, budayawan, dan ASN," terangnya.

Ia menjelaskan, untuk jalan sehat terpusat di Sumber. Sementara gowes startnya di pendopo Bupati Cirebon dan finishingnya di Desa Pegagan Lor.

"Di Pegagan Lor dilanjut mancing mania. Kolam pemancingan nya sudah disiapkan. Ada tiga kolam. Tapi, peserta mancing mania dibatasi 100 orang. Sebab, keterbatasan kolam," terangnya.

Ia mengaku, yang strike pertama dan paling berat. Itu yang menjadi juara. Hadiah utamanya motor. Dalam kesempatan itu juga mantan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda itu menyampaikan, bahwa semangat HUT RI juga bukan hanya sebatas seremonial.

Tapi dimaknai secara mendalam. Spiritnya untuk membangun negeri. Sebab, perjuangan Indonesia merdeka itu mengorbankan banyak pejuang.

"Mari kita songsong semangat kemerdekaan dengan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, dalam segala hal," imbuhnya. 

Ia menambahkan, sebelum acara puncak HUT RI pihaknya akan mengusulkan agar pengukuhan pasukan paskibra dilakukan di Pendopo Bupati Cirebon. Tujuannya agar lebih khidmat. Ada makna tersendiri.

"Selama ini pengukuhan itu selalu di kantor bupati. Tapi, kita ingin rubah. Karena pendopo itu punya sejarah yang melekat dengan perjuangan para pendahulu kita," pungkasnya. (zen)

Sumber: