Warga Sempat Kewalahan Menangani Sampah

Warga Sempat Kewalahan Menangani Sampah

LAMA MENUMPUK. Tumpukan sampah yang sudah sangat lama di Desa Amis, Kecamatan Cikedung akhirnya dibersihkan dengan menggunakan alat berat bantuan Pemkab Indramayu.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU–Permasalahan sampah di Desa Amis, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu menjadi persoalan tersendiri bagi masyarakat maupun pemerintah desa. 

Namun kini, tumpukan sampah yang sudah lama mengganggu lingkungan dibersihkan dengan menggunakan alat berat.

Kuwu Desa Amis, A Nur Ahmad mengatakan, sampah yang selama ini menumpuk di desanya menjadi permasalahan yang sangat mengganggu. Pemdes bersama masyarakat yang berupaya menangani masalah sampah secara gotong royong sangat kewalahan. 

“Kami (pemdes, red) bersama warga secara gotong royong sangat kewalahan menertibkan atau mengangkut sampah yang sudah lama tersebut,” jelas A Nur Ahmad kepada Rakyat Cirebon, Rabu (13/7).

Saat ini, lanjutnya, persoalan sampah dapat tertangani berkat bantuan alat berat yang dikirimkan oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina. Sehingga kondisi lingkungannya berangsur menjadi bersih dan nyaman.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Amis dan seluruh warga masyarakat Desa Amis mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Bupati Nina Agustina yang telah memberikan pinjaman alat berat kepada kami, sehingga kami bisa membersihkan sampah yang berada di Desa Amis,” ungkapnya.

Ahmad menyatakan, pemdes bersama masyarakat akan selalu bersinergi dalam menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah daerah sebagai wujud untuk menjadikan Indramayu yang Bermartabat. Yakni Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat.

“Mudah-mudahan saja dengan diberikannya bantuan alat berat untuk membersihkan sampah ini, kedepannya Desa Amis semakin bersih dan semakin mandiri mewujudkan Indramayu Bermartabat,” kata dia.

Sementara itu, Camat Cikedung, Muhammad Nurul Huda menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Nina Agustina. Karena keluhan masyarakat di wilayah tugasnya bisa terselesaikan. 

Peranan dari Pemkab Indramayu diakuinya sangat penting. Salah satunya permasalahan sampah di Desa Amis dengan mendatangkan alat berat. Bahkan, menerjunkan konsultan kebersihan.

“Kami juga menghaturkan banyak terima kasih kepada Ibu Bupati Indramayu serta konsultan kebersihan sehingga diharapkan desa-desa di Kecamatan Cikedung menjadi bersih tertata dan sehat,” imbuhnya. (tar)

Sumber: