Gallery IKM Kota Cirebon Rebranding jadi Mall IKM

Gallery IKM Kota Cirebon Rebranding jadi Mall IKM

JELASKAN. Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, Iing Daiman mengatakan, arti Mall pada Mall IKM bukan pusat perbelanjaan. Melainkan singkatan dari Melayani Anda Lewat Layanan (Mall). Jadi Mall IKM adalah layanan berbasis IKM di Kota Cirebon. --

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindusterian (DKUKMPP) Kota Cirebon punya cara baru bikin pelaku industri kecil menengah (IKM) tak tersisih. Yakni dengan mengubah branding Gallery IKM menjadi Mall IKM

Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, Iing Daiman mengatakan, arti Mall pada Mall IKM bukan pusat perbelanjaan. Melainkan singkatan dari Melayani Anda Lewat Layanan (Mall). Jadi Mall IKM adalah layanan berbasis IKM di Kota Cirebon. 

"Kami punya program IKM minded. Apapun yang dicari fashion, makanan itu ada IKM kami. Karena kami punya 2083 UMKM dengan berbagai macam produknya," jelas Iing. 

Rebranding ini bertujuan, segala kebutuhan masyarakat siap disuplai oleh para pelaku IKM. "Agar pelaku IKM di Kota Cirebon mendapatkan ruang untuk memasarkan produknya," jelas Iing. 

Selama ini, DKUKMPP Kota Cirebon mengandalkan Gallery IKM sebagai etalase produk-produk IKM. Fungsi itu bakal diperkuat lagi dengan Mall IKM. Dimana aktivitas dan layanan Mall IKM lebih komprehensif. 

Tak melulu soal branding dan pemasaran saja. Melainkan juga sebagai wahana kreatif pelaku IKM. Mulai dari etalase produk, pelatihan digital marketing, pengemasan, termasuk teknik foto produk dan membuat narasi singkat yang menarik. 

"Kami siapkan spot IKM Digi Corner. Untuk aktivitas pelatihan ambil foto hasil packagingnya, branding, caption dan sebagainya," jelas Iing. 

Tak hanya itu, di Mall IKM juga bakal disediakan spot podcast untuk para pelaku IKM. Mereka bisa memanfaatkan spot itu untuk promosi produk. "Yang kami harapkan IKM Kota Cirebon bukan hanya a b c saja tapi IKM semuanya terkenal," jelas Iing.

Menurut Iing, Mall IKM juga bakal dilengkapi workshop kreatif. Ada pelatihan pembuatan batik, handy craft, hingga topeng. "Tahun ini kami targetkan launching walau belum bicara kapannya. Sekarang proses persiapan," pungkasnya. (wan)

Sumber: