Sah! Ruri Ketua Dewan, Affiati Hanya Anggota Biasa

Sah! Ruri Ketua Dewan, Affiati Hanya Anggota Biasa

--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON  - Senin siang (01/08), melalui Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Pengucapan Sumpah/ Janji Ketua DPRD Kota Cirebon, sah, Ruri Tri Lesmana menjabat Ketua DPRD Kota Cirebon di sisa masa jabatan menggantikan Affiati S Pd.

Dengan demikian, posisi Ruri di Alat Kelengkapan DPRD juga dirombak, dan diumumkan pada Paripurna kemarin, posisinya di AKD ada di Komisi I, dan itu secara otomatis dilepas, karena sesuai dengan ketentuan, Pimpinan DPRD tidak boleh ada di AKD, dan posisi tersebut diisi oleh Affiati.

Begitu juga untuk  internal Fraksi, ada perubahan di Fraksi Gerindra, dan sama diumunkan pada Paripurna kemarin, dimana posisi ketua Fraksi Gerindra yang ditempati Ruri, sesuai dengan SK dari DPP Partai Gerindra, digantikan oleh Fitrah Malik.

Sementara untuk posisi-posisi kelembagaan tidak tetap semacam panitia khusus pembahas Raperda, posisi Ruri dan Affiati secara otomatis mengikuti pergantian.

Dalam sambutan pertamanya, saat memimpin sidang, setelah menerima palu sidang dari Pimpinan DPRD, Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana mengajak semua ketua fraksi untuk bersama-sama meningkatkan kinerja DPRD.

"Saya mengajak semua ketua fraksi untuk lebih meningkatkan prinsip kolektif kolegial. Mohon dukungan dan mari kita sama-sama meningkatkan kebersamaan, kerjasama, agar kinerja tugas dan fungsi DPRD lebih baik lagi," ungkap Ruri.

Tak hanya memberikan sambutan kepada internal, Ruri juga berkomitmen untuk meningkatkan sinergitas dengan unsur eksternal, termasuk jajaran Forkopimd.

"Demikian kemitraan dan sinergitas dengan Forkopimda, dan semua pihak, serta seluruh elemen masyarakat yang sudah terjalin dengan baik, untuk sama-sama kita tingkatkan lagi. Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada semua pihak atas lancarnya agenda hari ini," kata Ruri.

Di tempat yang sama, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Cirebon, Fitrah Malik mengatakan, semua yang berjalan adalah interuksi dari partai, termasuk kepercayaan dan penugasan yang diberikan kepadanya untuk menjadi ketua Fraksi.

"Ini adalah perintah partai, dan semua kader harus melaksanakannya," ucap Fitrah.

Terpisah, Affiati S Pd, yang kini menjadi anggota Fraksi Gerindra mengatakan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, dan ia tinggalkan dalam posisi ketua DPRD, maka dari itu, ia mengharapkan ketua DPRD yang baru bisa menyelesaikannya di sisa masa jabatan yang ada.

"Alhamdulillah tugas saya sebagai ketua DPRD sudah selesai, mudah-mudahan DPRD akan lebih baik, saya merasa masih banyak PR yang harus dikerjakan. Selamat bekerja kepada pak Ruri sebagai ketua DPRD," ungkap Affiati. (sep)

Sumber: