Di RSIA Cahaya Bunda, 9 Bayi Lahir Tanggal 17 Agustus

Di RSIA Cahaya Bunda, 9 Bayi Lahir Tanggal 17 Agustus

LAHIRAN. Sembilan bayi lahir di RSIA Cahaya Bunda pada momentum HUT ke-77 RI, kemarin. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

KESAMBI, RAKYATCIREBON.ID - Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia, tak sedikit masyarakat pun ingin menjadikan tanggal tersebut tanggal bersejarah bagi hidupnya, sehingga momen-momen tertentu sengaja dilakukan pada tangga tersebut, termasuk tanggal kelahiran putra-putri tercinta.

Pada hari Rabu, tanggal 17 Agustus 2022 kemarin, sedikitnya ada sembilan bayi lahir di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda, di tanggal yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Kesembilan bayi yang lahir di tanggal spesial tersebut, diketahui empat diantaranya merupakan bayi berjenis kelamin laki-laki, dan lima bayi berjenis kelamin perempuan.

"Karena lahir disaat peringatan Hari Kemerdekaan, kami (RSIA Cahaya Bunda. Red) memberikan spesial gift kepada bayi dan orang tuanya," demikian disampaikan Owner RSIA Cahaya Bunda, dr Yasmin Dermawan SpOG, kemarin.

Dijelaskan dr Yasmin, dari sembilan bayi yang lahir di Hari Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 kemarin, tujuh bayi diantaranya adalah bayi yang lahir dengan metode operasi sesar, dan dua bayi dilahirkan secara normal.

Tujuh bayi yang dilahirkan secara sesar, kata Dokyas, menurut kalender medis memang sudah boleh dilakukan, melihat usia kandungan dan kondisi kesehatan sang ibu, sehingga tindakan sesar, terlebih di waktu yang bersejarah tanggal 17 Agustus yang dipilih, bisa dilakukan.

"Karena memang ada beberapa alasan, tujuh bayi yang lahir sesar ini karena ada yang sungsang, ada yang lintang, memiliki riwayat sesar kurang dari 2 tahun dan sisanya karena memang sudah memiliki riwayat sesar," jelas Dokyas.

Dokyas memastikan, bayi-bayi yang lahir di tanggal 17 Agustus, bukan semata karena tanggal yang bagus, yang sengaja dipilih untuk momen bersejarah kelahiran buah hati, tetapi juga sudah mempertimbangkan segala hal terutama kondisi medis.

Maka dari itu, ditekankan Dokyas, pasien yang melahirkan tepat di Hari Kemerdekaan ini, semua sudah memenuhi kriteria secara medis. Bahkan, ada juga pasien yang memiliki riwayat sesar sebelumnya.

Ia pun menyampaikan selamat, kepada para orang tua, yang melahirkan buah hatinya di RSIA Cahaya Bunda, tepat di momentum HUT ke-77 Republik Indonesia.

"Kalo yang melahirkan ini semuanya sudah memenuhi kriteria secara medis, mulai usia kandungan yang sudah matang. Untuk usia kandungan yang sudah cukup bulan, mulai dari usia 37 sampai 40 Minggu, jadi semua aman. Selamat atas kelahiran putra-putrinya di tanggal 17 Agustus ini," kaya Dokyas.

Sumber: