Buka Peluang Koalisi, Demokrat Jalin Komunikasi Lintas Partai

Buka Peluang Koalisi, Demokrat Jalin Komunikasi Lintas Partai

Kehadiran DPC Demokrat saat bertandang ke DPD PKS Kabupaten Cirebon. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID – Partai Demokrat Kabupaten Cirebon menunjukan kesiapannya menghadapi Pemilu serentak 2024. Waktunya sudah semakin dekat. Tentunya, berbagai persiapan sudah harus mulai dilakukan.

Salah satunya, menjalin komunikasi dengan partai lain. Belum lama ini, DPC Demokrat Kabupaten Cirebon pun menggelar safari politik. Membuka komunikasi antar partai politik (parpol). Enam partai politik yang ada perwakilannya di legislatif disambangi. Seperti PKS, Nasdem, PKB, PDIP, Golkar, dan Gerindra.

Safari politik itu, sekaligus memperkenalkan struktur kepengurusan DPC Partai Demokrat periode 2022-2027 yang baru. Safari politik itu juga dilakukan sebagai bentuk eksistensi Partai Demokrat di Kabupaten Cirebon. 

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Cirebon, Heri Yanto ST menyampaikan, silaturahmi politik itu tidak hanya terjadi di tingkat nasional, namun juga sampai tingkat pengurus kabupaten. Selain itu menyamakan pandangan politik untuk memberikan kontribusi pembangunan di Kabupaten Cirebon. 

Karena itu, pihaknya mulai menjalin komunikasi ke  enam partai politik yang ada diparlemen. Tujuannya, untuk memperkenalkan struktur kepengurusan yang baru dari hasil muscab beberapa waktu lalu. Dan sudah ditetapkan oleh DPP Partai Demokrat. 

BACA JUGA:HUT Kemerdekaan, Masyarakat Desa Panongan Lor Doa Bersama untuk Bangsa dan Pak Kuwu

Artinya, semua dinamika yang terjadi di internal Partai Demokrat sudah berakhir. Dan bersiap menyongsong kemenangan di pemilu 2024. "Selain memperkenalkan kepengurusan yang baru, silaturahim ini merupakan pembuka komunikasi Partai Demokrat untuk adanya kemungkinan koalisi di 2024," kata Heri Yanto kemarin. 

Heri--sapaan akrabnya menjelaskan, bahwa Partai Demokrat ingin belajar mengelola kader dan saksi dari beberapa partai politik. Seperti PKS. Yang pengelolaan kader dan saksi PKS dikenal sangat baik."Kita banyak sharing dengan partai politik yang mempunyai pengaruh besar di Kabupaten Cirebon," ucapnya.  

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kabupaten Cirebon Junaedi ST berharap bisa menjalin kerjasama yang baik dengan Partai Demokrat bukan hanya dalam bidang politik, tetapi juga dalam bidang lainnya seperti sosial dan keagamaan.

Dalam pertemuan yang singkat namun hangat itu dibicarakan pula tentang permasalahan-permasalahan kabupaten Cirebon yang tengah hangat. "Tentu banyak hal yang bisa didiskusikan untuk memberikan kontribusi terbaik untuk pembangunan Kabupaten Cirebon," pungkasnya. (zen)

Sumber: