Tak Miliki Data, DPMD Jadi Sorotan Dewan

Tak Miliki Data, DPMD Jadi Sorotan Dewan

DIPERTANYAKAN. Komisi I cecar DPMD terkait data perangkat desa yang masuk kepesertaan BPJS Kesehatan. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Cirebon, Dewi menjelaskan, ada sebanyak 411 desa yang terdaftar dalam kepesertaan BPJS Kesehatan. Dengan jumlah peserta 4 ribu lebih perangkat desa. Dan setiap bulannya pemda melalui DPMD membayarkan iuran untuk para peserta BPJS Kesehatan itu. Dengan jumlah yang berbeda-beda setiap bulannya.

"Kalau fluktuatif setiap bulan pembayaran dari pemda ke BPJS itu karena ada juga perangkat desa yang lebih memilih kepesertaan BPJS-nya dari perusahaan, maka itu tidak boleh didaftarkan double dan kuwu yang statusnya PNS atau pun kuwu antar waktu yang PNS tidak boleh juga didaftarkan dalam kepesertaan BPJS dari desa ini," katanya.

Terkait terdapat satu desa yang semua perangkatnya tidak terdaftar dalam kepesertaan BPJS Kesehatan, Dewi mengaku, karena ada kurun waktu pergantian perangkat desa sebab Pilwu serentak. Dan hal itu dinilai wajar, sebab masih dalam proses untuk mereka bisa terdaftar dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.

BACA JUGA:Forum LPM dan Paguyuban RW Minta Aktifkan Lagi Dana Bawal, Ketua Komisi 1: Saat Itu Banyak Temuan

"Jadi saya kira wajar ada transisi ya karena sudah tidak bekerja di desa atau pun yang mau didaftarkan karena perangkat baru. Semuanya berproses, kita sama-sama mencari untuk semua ini sebisa mungkin kita daftarkan," ungkap Dewi.

Sumber: