Azwar Anas dari Bupati ke Menteri; Hari Ini akan Dilantik Presiden, Gantikan Almarhum Tjahjo Kumolo

Azwar Anas dari Bupati ke Menteri; Hari Ini akan Dilantik Presiden, Gantikan Almarhum Tjahjo Kumolo

Abdullah Azwar Anas --

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Abdullah Azwar Anas menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) pada hari ini (7/9).

"Hari ini, pukul 13.30 WIB Abdullah Azwar Anas akan dilantik," kata sumber internal Istana Kepresidenan.

Posisi MenPAN-RB kosong sejak ditinggalkan Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli 2022.

Sejak 15 Juli 2022, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) MenPAN-RB.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga sempat menjabat sebagai Menteri PAN-RB ad interim pada 4-15 Juli 2022.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri juga sudah memberikan nama-nama calon MenPAN-RB kepada Presiden Jokowi sejak pertengahan 2022.

Dikabarkan, pada hari ini (7/9) Presiden Joko Widodo akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan RB yang baru. Pelantikan rencananya dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta pada sore hari.

Azwar akan menggantikan posisi almarhum Tjahjo Kumolo. Tjahjo meninggal dunia pada 1 Juli 2022 karena komplikasi paru dan diabetes.

Saat ini Azwar masih menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Dia baru menduduki jabatan itu pada 13 Januari tahun ini.

Sebagai informasi, Azwar adalah mantan pejabat Bupati Banyuwangi selama dua periode, sejak 2010 hingga 2021. Selain itu Azwar pernah juga menjabat sebagai anggota MPR dan DPR RI.

Pria kelahiran 6 Agustus 1973 ini pernah menjadi anggota MPR termuda di usia 24 tahun.

Kader yang besar dalam Organisasi Nahdlatul Ulama ini juga cukup dikenal sebagai sosok yang dekat dengan ulama dan simpatisan NU di Banyuwangi. Azwar pernah juga menjadi Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama periode 2000 hingga 2003

Ia mengawali karier politik pada 1997. Saat itu, Azwar menjabat Anggota MPR RI Fraksi Utusan Golongan.

Pada tahun 2004, Azwar menjadi Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Azwar kemudian bergabung dengan PDI Perjuangan.(jpnn/rakcer)

Sumber: