Presiden Ukriana Klaim Berhasil Rebut Kembali 2 Ribu KM Wilayahnya

Presiden Ukriana Klaim Berhasil Rebut Kembali 2 Ribu KM Wilayahnya

Ukraina Volodymyr Zelensky--

RAKYATCIREBON.ID, PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim pasukan negaranya telah merebut kembali sekitar 2.000 km wilayah yang sempat dikuasai Rusia.

"Pada saat ini, sejak dimulai pada September, sekitar 2.000 kilometer telah direbut kembali," kata Zelensky dalam video pada Sabtu (10/9), disitat dari AFP.

Zelensky tak merinci 2.000 km yang dimaksud merupakan hitungan persegi atau tidak. Meski begitu pemimpin pasukan Valeriy Zaluzhnyi mengatakan sudah merebut 1.000 km persegi dari pasukan Rusia.

Pasukan Ukraina telah bergerak memasuki kawasan Kupiansk, wilayah vital berupa pusat pasokan pasukan Rusia di timur.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya yang berada di Izyum dekat Kupiansk telah mundur untuk 'berkumpul kembali'. Selain itu telah dikonfirmasi Rusia juga menarik pasukan di kota kunci ketiga, Balaklya, buat memperkuat Donetsk.

Zelensky menganggap pergerakan pasukan Rusia itu sebagai 'melarikan diri'.

"Hari-hari terakhir, pasukan Rusia telah menunjukkan sisi terbaik, punggung mereka," kata Zelensky.

"Lagi pula, itu pilihan bagus buat mereka untuk lari. Tak ada tempat di Ukraina bagi penjajah. Tidak akan pernah," ucap dia lagi.

Aksi ofensif Ukraina ini merupakan kemajuan besar setelah berbulan-bulan perang didominasi Rusia. Ukraina telah diinvasi Rusia sejak Februari lalu.(fea/rakcer)

Sumber: