Alami Gangguan Jaringan, Pengguna Kartu Halo di Cirebon Sulit Kirim Chat, Voice Call hingga Unduh Berkas

Alami Gangguan Jaringan, Pengguna Kartu Halo di Cirebon Sulit Kirim Chat, Voice Call hingga Unduh Berkas

BUKTIKAN. M Arifin, pengguna layanan kartu Halo membuktikan gangguan jaringan yang dialaminya sejak 3 bulan terakhir.--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Pengguna kartu Halo, salah satu produk provider BUMN kenamaan, di Cirebon mengeluhkan gangguan jaringan. Ada yang kesulitan kirim pesan WA, unduh berkas, hingga terlambat voice call. Bahkan terkendala pula buka YouTube dan berselancar di Google. 

Keluhan itu dirasakan M Arifin. Pejabat Kasubbag Humas IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sejak 3 bulan terakhir, dia kesulitan berkomunikasi melalui jaringan internet hingga berita ini ditulis. 

"Keluhan yang saya alami sejak 3 bulan terkahir bahkan lebih sulit kirim chat WA ke sesama pengguna Telkomsel. Download berkas jadi lama, muter-muter terus. Saya merasa terganggu," ujar Arifin, Selasa (1/11).

Arifin mengaku, demi memulihkan jaringan di handphone, dia kerap keluar ruangan untuk menangkap sinyal. Dengan harapan, komunikasinya bisa lancar. Namun upaya itu tetap gagal. Padahal tanda sinyal 4G di layar handphone terlihat penuh. 

"Biasanya saya nggak perlu kemana-mana untuk nyari sinyal. Ini sampai ke luar ruangan. Tapi hasilnya sama saja. Delay saat ngirim gambar atau telepon melalui WA," keluhnya. 

Arifin menjelaskan, menurunnya performa layanan provider yang dipakainya berpengaruh pada kelancaran pekerjannya yang membutuhkan layanan internet yang prima.

Arifin mengaku, mempertahankan menggunakan layanan provider tersebut karena kemerataan jaringan. Apalagi saat dirinya berdinas di luar Jawa. Pada momen-momen itu, provider tersebut dapat diandalkan untuk komunikasi dan menunjang pekerjaan. 

"Dulu saya bangga dengan pakai provider ini. Tapi sekarang mengganggu karena performanya sedang menurun," jelasnya.

Arifin menggunakan layanan kartu Halo pascabayar sejak 2016. Pada masa awal penggunaan layanan tersebut, Arifin merogoh kocek sampai Rp600 ribu per bulan. Sampai akhirnya terus berganti layanan dengan rentang harga yang lebih murah. 

Saat ini Arifin menggunakan layanan dengan bajet kisaran Rp166 ribuan per bulan. Terakhir pembayaran dilakukan pada 27 Oktober 2022 sementara jatuh tempo pada 10 November 2022. 

"Saya berharap segera ada perbaikan. Tiga bulan gangguan jaringan yang saya rasakan itu semoga tidak dirasakan oleh konsumen lain," kata Arifin. 

Keluhan gangguan jaringan provider plat merah tersebut juga dirasakan pengguna lain yang enggan disebutkan namanya. Dia yang merupakan pegiat media di Cirebon mengeluhkan lelet jaringan provider tersebut. 

Gangguan itu kerap dia rasakan saat berada dalam ruangan. Padahal, gangguan serupa belum pernah dia rasakan sebelumnya. 

"Iya betul saya juga merasakan gangguan sinyal. Saya pikir ada pengaruhnya karena kemarin-kemarin WA sempat down. Tapi saya nggak tahu apa sebabnya," pungkasnya. (wan)

Sumber: