Kuliah di Griya Sawala, Komisi I Mendadak Jadi Dosen Mahasiswa Kesehatan

Kuliah di Griya Sawala, Komisi I Mendadak Jadi Dosen Mahasiswa Kesehatan

Puluhan mahasiswa kesehatan STIKes Mahardika berkuliah bersama Komisi I di ruang Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, kemarin.--

KEJAKSAN - Selasa (06/12) kemarin, para mahasiswa kesehatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mahardika berkuliah di ruang Griya Sawala DPRD Kota Cirebon.

Pada perkuliahan kemarin, mereka pun berdialog dengan dosen tamu dari Komisi I DPRD Kota Cirebon, ditemui langsung Ketua Komisi I, Dani Mardani dan anggota Komisi I, Edi Suripno.

Dosen STIKes Mahardika, M Taufik S Ag, M Pd menyampaikan, pada mata kuliah tentang Pancasila yang ia ampu, ia mencoba mengenalkan mahasiswa dengan praktek pemerintahan di lapangan, tak hanya mendapatkan pengetahuan secara teori saja.

"Kuliah diluar kelas ini, agar mahasiswa dapat data sekunder, bukan hanya data primer berupa teori yang didapatkan di kelas. Tentang lembaga negara, dalam hal ini legislatif, mahasiswa bisa belajar langsung," ungkap Taufik.

BACA JUGA:Reses Dewan, Banjir Permintaan

Dihadapan mahasiswa, Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani menjelaskan tugas pokok dan fungsi DPRD dengan bahasa sederhana, sehingga mudah dipahami oleh para mahasiswa.

Dijelaskan Dani, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, DPRD yang dalam pilar demokrasi disebut sebagai legislatif, memiliki tiga fungsi di pemerintahan.

Pertama, DPRD memiliki fungsi legislasi, yakni membentuk payung hukum perundang-undangan berbentuk Peraturan Daerah (Perda).

Kemudian, DPRD juga memiliki fungsi penganggaran, dimana DPRD bersama dengan tim anggaran membangun sistem penganggaran untuk keberlangsungan pemerintahan dan pembangunan.

BACA JUGA:Hanura Ingin, KPU Tetapkan Skema 5 Dapil

"Jadi fungsi DPRD itu tidak lepas dari tiga, legislasi, penganggaran, dan juga kita melakukan pengawasan, mengawasi berjalannya pemerintahan, dan program yang sudah direncanakan dalam penganggaran," kata Dani.

Menurut Dani, pengetahuan tentang lembaga dan sistem pemerintahan, termasuk DPRD, memang penting dikenalkan kepada para mahasiswa sejak mereka mulai memasuki perguruan tinggi, karena kedepan, merekalah yang akan melanjutkan sistem pemerintahan, sehingga harus sudah sejak dini mereka pahami.

Sementara itu, Anggota Komisi I, Edi Suripno menjawab beberapa pertanyaan yang dilayangkan oleh para mahasiswa, dimana beberapa pertanyaan, diantaranya mahasiswa mempertanyakan sistem dan tata kerja lembaga DPRD, sebagai salahsatu pilar demokrasi, sampai sistem dan mekanisme pengambilan keputusan di lembaga DPRD.

Disebutkan Edi, DPRD merupakan lembaga demokratis-politis, sehingga sistem dan tata kerja nya pun berdasarkan pada prinsip kolektif kolegial.

Sumber: