Gempa di Kuningan Seperti Truk Lewat, Belum Ada Laporan Kerusakan

Gempa di Kuningan Seperti Truk Lewat, Belum Ada Laporan Kerusakan

--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN - Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto mengeluarkan rilis kejadian gempa yang dirasakan masyarakat Kabupaten Kuningan, Kamis 22 Desember 2022 pukul 04.18.28.
 
Berdasarkan hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tektonik ini berkekuatan M=3,8. Episenter terletak pada koordinat 6.99 LS dan 108.48 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 km Barat Daya Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada kedalaman 5 km.
 
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Kejadian ini akibat aktivitas Sesar Lokal setempat," papar BMKG dalam rilisnya, Kamis pagi 22 Desember 2022.
 
Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG. Juga berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kuningan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).
 
Gempa juga terasa di Cirebon,  dan Majalengka dengan Skala Intensitas II - III MMI dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
 
Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.
 
Hingga pukul 05:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pinta pihak BMKG
 
BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.
 
Yakni (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (*/rls)

Sumber: