Jadi Pusat Gempa, Masyarakat Citangtu Adem Ayem, Warga Beraktifitas Seperti Biasa

Jadi Pusat Gempa, Masyarakat Citangtu Adem Ayem, Warga Beraktifitas Seperti Biasa

Anak-anak tampak duduk-duduk di tembok jembatan di jalan masuk kelurahan Citangtu, Kabupaten Kuningan, Kamis (22/12).--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN - Meski disebut sebagai titik pusat gempa tektonik, namun warga Kelurahan Citangtu, Kecamatan Kuningan nampak adem ayem. Saat radarkuningan.com menyambangi kelurahan, Kamis 22 Desember 2022, warga setempat beraktivitas seperti biasa. Tak ada raut wajah yang resah atau ketakutan.
 
Lurah Citangtu, Sutono tak memungkiri jika Citangtu disebut sebagai pusat gempa seperti yang dikatakan BMKG. Dia menjelaskan, bahwa warganya tetap melakukan aktivitas seperti biasa usai terjadinya gempa.
 
Terlebih di wilayah yang dipimpinnya tidak ada kerusakan rumah warga dan fasilitas publik pasca gempa tektonik tersebut.
 
"Saya langsung mengecek ke rumah rumah warga, takut ada yang rusak terkena gempa. Alhamdulillah tak ada kerusakan akibat kejadian itu. Dan saat peristiwa gempa, warga Citangtu hanya merasakan goyangan kecil saja. Warga juga tidak ada yang panik," ujar Sutono kepada radarkuningan.com, Kamis 22 Desember 2022.
 
Dia juga memaparkan kondisi jembatan gantung yang menghubungkan Winduhaji-Citangtu. Jembatan tersebut tidak mengalami kerusakan dan kondisi jembatan juga sangat aman untuk dilalui.
 
"Kami juga sudah mengecek kondisi jembatan gantung. Tidak terlihat ada kerusakan usai terjadi gempa. Struktur jembatan masih utuh, tidak ada retakan. Warga atau pengunjung tetap aman untuk melintasi jembatan," tuturnya.
 
Sutono menambahkan, pihaknya sudah memberi laporan terkait kondisi Kelurahan Citangtu pasca gempa. "Kami juga berkoordinasi dengan Pak Plt Camat Kuningan, BPBD serta pihak terkait lainnya," sebut Lurah Sutono
 
Jejen, warga yang tinggal di dekat jembatan gantung Citangtu mengaku tahu ada gempa pagi itu karena kasur di rumahnya terlihat melompat lompat. Dia sendiri kurang merasakan goyangan gempa.
 
"Rumah saya juga tidak mengalami kerusakan. Saya hanya melihat kasur di ranjang bergerak ketika gempa itu terjadi. Saya juga tadi ke jembatan gantung, dan kondisinya bagus, tidak ada kerusakan," ucap Jejen. (*)

Sumber: