Riksa Budaya Sabilulungan, Kang Emil : Kabupaten Sukabumi Alamnya Indah Budayanya Kebanggaan Jabar

Riksa Budaya Sabilulungan, Kang Emil : Kabupaten Sukabumi Alamnya Indah Budayanya Kebanggaan Jabar

--

PALABUHANRATU, RAKYATCIREBON.ID - Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengapresiasi atas inspirasi Kabupaten Sukabumi yang kini masih kuat mempertahankan keutuhan nilai budaya leluhur khususnya Kasepuhan adat. 

"Minggu lalu saya launching gerakan leuit se-Jawa Barat, inspirasi nya dari Kasepuhan-kasepuhan Kab. Sukabumi, karena dengan leuit ini saat krisis pangan terjadi, Kab. Sukabumi akan aman, " ungkap Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jabar  saat membuka acara Riksa Budaya Sabilulungan di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Jumat (23/12). 

Ia menjelaskan, melalui gerakan leuit tersebut diwajibkan ribuan desa di Jawa Barat memiliki leuit, sehingga setiap panen bisa menabung beras dan gabah supaya bisa selamat dimasa depan dari krisis pangan. 

"Jadi Sukabumi ini sudah alamnya indah, ekspresi budayanya banyak dan itu menjadi kebanggaan, mudah-mudahan kita tetap lestari maka Jawa Barat akan semakin juara lahir dan batin," jelasnya.

BACA JUGA:Setekah Kebaya Merah, Muncul Kebaya Hijau; Identitas Wanita Terungkap

Masih dikatakannya, terdapat 108 pusat ekspresi budaya di Jawa Barat salahsatunya Kabupaten Sukabumi. Namun menurutnya tahun ini adalah 19 terbanyak di Indonesia, salah satu panggungnya yaitu riksa budaya Jawa Barat. 

Budaya Jawa Barat terbagi tiga, diantaranya Betawi Melayu, Cirebonan dan Priangan sebagai Tatar Pasundan. 

"Itulah kekayaan jawa Barat yang sangat luar biasa dan saya sebagai Gubernur semuanya saya ayomi, riksa budaya yang pertama dilaksanakan di Indramayu, kedua di depok dan ketiga paling istimewa di Kabupaten Sukabumi," katanya 

Dengan riksa budaya ini, Kang Emil berharap, Kabupaten Sukabumi semakin maju sebagai wilayah yang ekonominya meningkat, wisatanya yang luar biasa dan paling juara pelestarian budayanya. 

Sementara, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengaku bersyukur karena memiliki warisan budaya benda dan tak benda yang sangat beragam, sehingga kini masih di lestarikan keberadaannya. Mulai dari manuskrip, tradisi lisan, ritus, adat istiadat, dan cagar budaya. 

BACA JUGA:Demokrat Sebut AHY Masih Teratas untuk Pendamping Anies

"Kami bersyukur bahwa Warisan Budaya Tak Benda (WBTB)yang berkembang di Kabupaten Sukabumi telah ditetapkan menjadi WBTB Nasional tahun 2021, diantaranya jipeng, angklung dogdog lojor, dan tari cepet," ujarnya. 

Marwan membeberkan, Kabupaten Sukabumi memiliki komunitas adat tradisional yang masih mempraktekkan nilai nilai tradisi saat ini, diantara kasepuhan gelar alam, kasepuhan sirna resmi, dan kasepuhan ciptamulya. Kasepuhan adat tersebut harus terus di jaga dan di lestarikan bersama, agar bisa menjadi modal budaya untuk pengembangan jati diri dan penguatan karakter kepribadian masyarakat Kabupaten Sukabumi Dan Bangsa Indonesia. 

"Di tahun 2022 Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga melalui bidang kebudayaan telah mengajukan WBTB yang berkembang dari Kabupaten Sukabumi untuk dapat ditetapkan menjadi WBTB Jawa Barat yang diajukan ke Nasional. WBTB tersebut diantaranya nyimur, mipit pare banten kidul, gacle, gekbreng, dan seren taun girijaya," ungkapnya.

Sumber: