Luna Maya Cari Kakek Kandung di Cirebon; Ada Makam Tanpa Nama di Belakang Masjid

Luna Maya Cari Kakek Kandung di Cirebon; Ada Makam Tanpa Nama di Belakang Masjid

Luna Maya saat menemukan makam tanpa nama di Palimanan Cirebon.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Artis Luna Maya ternyata keturunan Cirebon. Kakeknya yakni Soedjono adalah warga Desa Pegagan, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon.

Selama ini, Luna Maya selalu disebut berasal dari Bali, padahal dia adalah keturunan asli dari Cirebon. Tepatnya di Desa Pegagan, Palimanan.

Bahkan, untuk membuktikan bahwa dirinya keturunan Cirebon, Luna Maya mengunjungi makam kakeknya di Desa Pegagan.

"Menurut tanteku bilangnya di sekitar sini. Waktu kakek meninggal memang kita nggak ada yang dateng, aku masih kecil," kata Luna Maya, belum lama ini.

BACA JUGA: Ini Profil Ahmad Surjahaminata, Brigjen Polisi, Kakek dari Raffi Ahmad

Menurut Luna Maya, berdasarkan informasi dari tantenya, sang kakek meninggal sekitar tahun 1991 di Desa Pegagan.

Bahkan, di desa tersebut ada makam khusus yang disebut sebagai Makam Keluarga Soedjono yang berada di komplek pemakaman Kroya.

Diungkapkan Luna Maya, saat sang kakek meninggal dunia, dirinya masih berusia sekitar 9 tahun.

Dia mengaku hanya sekali bertemu dengan sang kakek saat masih berusia 4 tahun. Karenanya tidak terlalu mengenal sosok sesepuhnya itu.

Saat berkunjung ke Makam Kroya tersebut, sang tante memberikan petunjuk bahwa tempat pemakaman berada di dekat sumur yang biasa dipakai untuk mencuci kaki.

BACA JUGA: Suaminya Bukan Orang Sembarangan, Ini Sosok Mamih Popon, Nenek Rafi Ahmad

Benar saja, di lokasi itu ada sumur dan persis berada di belakang sebuah masjid. Sayangnya, di komplek pemakaman itu, banyak nisan yang tidak memiliki nama.

Sehingga Luna Maya saat datang berkunjung cukup kesulitan mencari. Penjaga makam dan warga setempat juga kesulitan mencari makam itu, lantaran kebanyakan orang tua dulu cukup sulit dikenali makamnya.

Setelah lama mencari, akhirnya makam kakek Luna Maya yakni Soedjono ditemukan dan lokasinya memang tidak terlalu jauh dari jalan.

"Biasanya tiap tahun dikunjungi, ada yang suka datang dan membersihkan," tutur penjaga makam.

Warga setempat juga menyebutkan bahwa rumah dari Almarhum Soedjono berada di dekat Lampu Merah Palimanan. "Jadi ini Kapten Soedjono, rumahnya dekat Lampu Merah Palimanan," ungkapnya.

Kepada warga di lokasi itu, Luna menyebutkan bahwa makam tersebut adalah kakeknya. "Ini kakek saya, bapaknya bapak saya," tuturnya.

Lantas, Luna merevisi bahwa kakeknya meninggal dunia bukan tahun 1991 tetapi tahun 1992 atau saat dirinya masih berusia 9 tahun.
 
"Benar kan aku orang Cirebon. Ini leluhur dan di sini ada makam adiknya juga saudara-saudara yang lain," ungkapnya.

Dengan hal tersebut, membuktikan bahwa Luna Maya memang keturunan Cirebon tepatnya dari Desa Pegagan, Kecamatan Palimanan.(yud/rakcer)

Sumber: