Tahap Awal, Layanan Bikin KTP Digital untuk ASN Dulu, Silakan Datang ke Disdukcapil

Tahap Awal, Layanan Bikin KTP Digital untuk ASN Dulu, Silakan Datang ke Disdukcapil

Sejumlah ASN di Kota Cirebon sedang membuat KTP Gigital di Kantor Disdukcapil Kota Cirebon.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Layanan KTP Digital sudah diluncurkan di Kota Cirebon pada Selasa 10 Januari 2022.

Launching e-KTP tersebut berlangsung di ruang lobby gedung Setda Balaikota Cirebon, Selasa (10/1/2023).

Hadir pada launching tersebut Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati dan Kepala Disdukcapil Atang Hasan Dahlan.

"KTP Digital ini masih dalam tahap awal," demikian dikatakan Kepala Disdukcapil Atang Hasan Dahlan kepada radarcirebon.com di gedung Setda Balaikota Cirebon, Selasa (10/1/2023).

"Sehingga kami masih menyasar untuk kalangan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Cirebon terlebih dahulu," jelasnya.

BACA JUGA: Nashrudin Azis Mengaku Pindah ke PDIP karena Panggilan Hati

Setelah kalangan ASN, kata Atang, KTP Digital nantinya akan diperluas ke beberapa instansi lainnya.

Kemudian langkah yang lebih lanjut tentu saja akan diberlakukan kepada masyarakat Kota Cirebon dengan cara mendatangi langsung ke kantor Disdukcapil Kota Cirebon.

"Aktivasi baru bisa melalui android dengan mendatangi Disdukcapil, nanti petugas akan membantu," katanya.

Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati kepada radarcirebon.com berharap, KTP Digital bisa mempermudah bagi masyarakat, apalagi saat ini semua sudah serba digital.

"Dengan adanya identitas digital, diharapkan dapat semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses identitas kependudukannya," katanya.

"Sekarang ini sudah masuk era digital, jadi ini merupakan langkah pemerintah dalam melayani masyarakat yang sudah semakin melek digital," pungkas Eti.

BACA JUGA: Biasakan Konsumsi Tomat, Manfaatnya Luar Biasa untuk Jantung...

KTP Digital atau Digital ID adalah inovasi dari Ditjen Dukcapil Kemendagri RI.

Dilansir dari laman dukcapil.kemendagri.go.id, mereka mengklaim bahwa KTP Digital ini sudah ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat.
 
Dijelaskan pula bahwa, uji coba pelaksanaan KTP Digital tersebut telah dilakukan sejak pertengahan tahun 2022 lalu.

Namun, pelaksanaan uji coba tersebut baru terbatas pada lingkungan pegawai Dinas Dukcapil di kabupaten dan kota se-Indonesia.

Uji coba tersebut dilakukan untuk mengetahui kemudian mengevaluasi kekurangan dan kelebihan KTP Digital yang sedang dikembangkan.

Sementara itu, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, bahwa KTP Digital ini merupakan inovasi yang akan memudahkan masyarakat.

Fitur KTP Digital

KTP Digital atau Digital ID ini nantinya bisa dioperasikan melalui gawai misalnya telepon genggam.

Aplikasi KTP Digital itu nantinya akan dilengkapi dengan fitur yang canggih. Fitur-fitur tersebut nantinya akan memuat data pribadi yang berkaitan dengan data kependudukan.

Hal itu seperti dijelaskan oleh Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Erikson P Manihuruk seperti dilansir dari laman dukcapil.kemendagri.go.id.

Dia menjelaskan bahwa, KTP Digital ini nantinya akan memiliki tampilan yang menarik. Tampilan awalnya akan memuat foto, nama serta NIK pemilik akun aplikasi Digital ID atau KTP Digital tersebut.

Dari tampilan awal tersebut, setiap menu dapat diklik yang kemudian akan memunculkan muncul data yang lebih rinci dari sang pemilik akun.

Data-data  pribadi tersebut seperti tempat dan tanggal lahir, golongan darah serta jenis kelamin dan alamat.
 
Dia menambahkan bahwa, di dalam menu Data Keluarga, terdapat pula biodata anggota keluarga yang terdaftar dalam Kartu Keluarga alias KK.

Selain itu, ada menu Dokumen yang dibagi menjadi dua bagian, yakni Kependudukan dan Lainnya.

Nah, di dalam menu Kependudukan tersebut, akan dimuat file KTP elektronik dan Kartu Keluarga secara digital.

Adapun di dalam menu lainnya akan memuat informasi lain seperti vaksin Covid-19, NPWP, informasi Kepemilikan Kendaraan, Informasi BKN (Badan Kepegawaian Nasional), serta Daftar Pemilih Tetap tahun 2024.(rdh)

Sumber: