Kendaraan Mengular, Ada Perbaikan Jalan Majalengka-Cikijing yang Rusak Parah

Kendaraan Mengular, Ada Perbaikan Jalan Majalengka-Cikijing yang Rusak Parah

LUBANG. Jalur Majalengka Cikijing perlu perbaikan permanen, tidak hanya tambal sulam di beberapa titik kerusakan. FOTO: PAI SUPARDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Meski sudah ada perbaikan, namun kondisi jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Majalengka dengan Kabupaten Tasik dan Ciamis yakni jalur Cikijing-Majalengka masih banyak lubang.

Perbaikan yang dilakukan tidak menyeluruh dan sifatnya hanya tambal sulam, sementara kondisi lalu lintas jalan tersebut cukup padat ditambah tingginya intensitas hujan menyebabkan kerusakan jalan semakin melebar.

Bahkan di beberapa titik terdapat sejumlah jalan yang kerusakannya cukup parah, sehingga menyebabkan antrean kendaraan yang menuju Majalengka maupun sebaliknya. Para pengendara mengurangi kecepatan untuk menghindari jalan yang berlubang tersebut.

Didi Rusadi (45) warga sekitar mengakui, meski sudah dilakukan perbaikan namun kerusakan di ruas jalan itu masih ada.

Pihaknya mendesak Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk segera melakukan perbaikan jalan, dengan pengaspalan atau hotmix untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jalan.

“Ya kalau bisa sih bukan hanya ditambal, sebab jika ditambal justru kondisi jalan tidak rata atau bergelombang dan membuat tidak nyaman. Ada baiknya dihotmix ulang agar kondisi jalan lebih baik, apalagi jalur ini cukup pada dan juga akses utama dengan kabupaten lain,” paparnya.

Yahya (45) pengemudi elf jurusan Bandung-Cikijing menambahkan, sedikitnya ada beberapa ruas jalan yang kondisinya masih rusak. Diantaranya di sekitar ruas jalan raya Majalengka-Talaga, Talaga-Banjaran, serta Talaga-Cikijing.

Oleh karena itu dirinya meminta agar perbaikan jalan bisa segera dilakukan sebelum arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2023 yang tinggal beberapa bulan lagi.

“Jalur itukan merupakan jalur yang cukup ramai sekaligus jalur utama menuju beberapa kabupaten kota di Jawa Barat seperti Ciamis, Garut, Tasik, Kuningan, dan Pangandaran. Bahkan saat arus mudik dan balik lebaran, jalur ini padat dan merayap. Sehingga kami berharap pemerintah bisa segera melakukan perbaikan sebelum Lebaran Idul Fitri,” pintanya. (pai)

Sumber: