Minggu 5 Februari 2023 Bakal Meriah, Kota Cirebon Gelar Cap Go Meh Lagi

Minggu 5 Februari 2023 Bakal Meriah, Kota Cirebon Gelar Cap Go Meh Lagi

CAP GO MEH. Panitia di Vihara Welas Asih tengah mempersiapkan kemeriahan perayaan Cap Go Meh yang tahun ini akan kembali digelar meriah. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, LEMAHWUNGKUK - Setelah dua tahun lalu, tahun 2021 dan 2022 perayaan Imlek di Kota Cirebon dilaksanakan secara terbatas,  pada tahun 2023 ini atau tahun baru Imlek 2574 Kongzili, kemeriahan Cap Go Meh akan kembali hadir.

Vihara Dewi Welas Asih bersama dengan Vihara Buddha Sasana, Vihata Pemancar Keselamatan, Vihara Makin Talang, serta sejumlah Vihara dan sasana di Kota Cirebon. Akan menjadi sentrum perayaan Cap Go Meh, dan kirab budaya yang jatuh pada Minggu, 5 Februari 2023.

Ketua Panitia Perayaan Imlek dan Cap Go Meh Vihara Dewi Welas Asih Iwan Santoro, melalui Sekretaris Panitia Richard D Pekasa mengatakan, dua tahun terakhir, perayaan Cap Go Meh tidak digelar karena pandemi Covid-19, dan terbatas oleh ketentuan-ketentuan pembatasan dari Pemerintah.

"Terakhir kali, Cap Go Meh dilakukan pada tahun 2020, sebelum pandemi mulai merebak pada Maret tahun tersebut," ungkap Richard.

BACA JUGA: Kabar Baik, 4 Kementerian Buka Lowongan Pekerjaan untuk Lulusan SMA, Bisa ASN dan PPPK

Rencananya, lanjut Richard, kegiatan Cap Go Meh yang menjadi acara puncak Imlek 2574 Kongzili, seperti sebelumnya, akan diisi dengan iring-iringan, atau kirab budaya, dimana pada kirab tersebut, iring-iringan akan diramaikan oleh atraksi barongsai, liong serta joli yang diarak oleh para peserta kirab.

Ditambah lagi, peserta kirab akan diramaikan oleh pasukan pembawa Bendera Merah Putih, Prajurit Keraton, Sanggar Tari Sekar Pandan, hingga mobil hias.

"Rencananya juga akan dikeluarkan karakter-karakter seperti Dewi Kwan Im, Sun Go Kong, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk barongsai dan liong, akan ada 6 barongsai dan 2 liong dari semua sasana yang ada di Kota Cirebon. Serta 10 joli yang berasal dari seluruh vihara di Kota Cirebon," lanjut Richard.

Sesuai dengan rute yang disiapkan panitia, iring-iringan akan melalui rute, mulai dari start di Vihara Dewi Welas Asih - jalan Pasuketan- jalan Pekiringan- Stasiun Parujakan - jalan Sukalila Selatan - jalan Karanggetas - Jagabayan- jalan Winaon - Pasar Kanoman - jalan Talang - Lapangan Kebumen dan kembali finish di Vihara Dewi Welas Asih.

"Kirab Cap Go Meh akan dimulai pada pukul 13.00 WIB, tahun 2023 akan lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya atau pada masa Covid-19. Apalagi, kini PPKM sudah dicabut dan pandemi sudah mulai mereda," jelas Richard.

BACA JUGA: Bulan Pertama, Sudah 875 Pegawai Pemkot Cirebon yang Aktivasi IKD

Ditambahkan Richard, pihaknya pun menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon, jika saat kirab, terjadi gangguan lalu lintas, terlebih di jalur-jalur rute yang sudah ditentukan.

"Kami mengimbau agar masyarakat menghindari aktivitas di rute-rute yang sudah ditetapkan oleh panitia. Semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini pun berharap toleransi dan akulturasi budaya ini bisa terus terjaga sampai anak, cucu kita semuanya," imbuh Richard. (sep)

Sumber: