Penjaringan Bibit Pesepakbola Muda Dimulai di Kota Cirebon

Penjaringan Bibit Pesepakbola Muda Dimulai di Kota Cirebon

Ketua Askot PSSI Kota Cirebon, H Zaenal Muttaqin membuka Liga Sentra Indonesia (LSI) Regional Cirebon dengan tendangan pertama, mengarah ke gawang yang dijaga oleh salahsatu kiper muda U-12. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KESAMBI - Pasca kepengurusan Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Cirebon dilantik beberapa waktu lalu, pembibitan dan pembinaan pun dimulai.

Agenda pertama, diawali dengan kompetisi Liga Sentra Indonesia Regional Cirebon, yang meliputi Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka serta Kabupaten Indramayu, yang digelar Sabtu-Minggu (11-12/03) di Stadion Utama Bima.

Dibuka langsung oleh Ketua Askot PSSI Kota Cirebon, kompetisi Liga Sentra Indonesia Regional Cirebon yang digelar, mempertandingkan 18 tim kelompok umur-12, dari lima daerah di wilayah Ciayumajakuning.

Direktur Kompetisi PSSI Kota Cirebon, yang juga Ketua Panitia Liga Sentra Indonesia Regional Cirebon, Muhamad Ikhwan menyampaikan, LSI menjadi agenda perdana PSSI di Kota Cirebon, dalam rangka pencarian bibit dan pembinaan pesepakbola junior, dimana pencarian bibit-bibit unggul ini dilakukan dengan skema kelompok umur, dimulai dari kompetisi untuk U-12.

BACA JUGA: Anggota Dewan Ini Ajak Hapus Judi dalam Sepak Bola, Harus Bisa Ditertibkan!

LSI Regional Cirebon ini, kata Ikhwan, diikuti oleh 18 tim, dan diselenggarakan dengan sistem setengah kompetisi, dimana 18 tim akan mulai bermain di fase group, kemudian jawara dari masing-masing group akan masuk di kompetisi 8 besar.

"Sistem turnamen ini setengah kompetisi, pertama grup, langsung babak 8 besar, durasi waktu bermain 2x20 menit, rata-rata memang dari SSB," ungkap Ikhwan.

Sebagai tindaklanjut pembinaan dari hasil LSI ini, kata Ikhwan, PSSI akan melakukan seleksi dari 18 tim yang bertanding, yang nantinya akan masuk tim binaan PSSI Kota Cirebon.

Tim hasil seleksi ini, akan dibina dan dilatih, karena akan dikirim untuk mengikuti kompetisi Liga Sentra Indonesia Seri Nasional yang akan digelar Kemenpora pada Juni mendatang.

Bahkan, pada LSI Seri Nasional nanti, direncanakan Kota Cirebon akan menjadi tuan rumah, sehingga bisa mendaftarkan dua tim, satu tim lainnya, yang bisa didaftarkan adalah kampiun dari LSI Regional Cirebon.
"Kita ambil tim pemenang LSI di regional, kita juga seleksi pemain untuk bikin tim binaan, nanti akan masuk tim Askot Kota Cirebon untuk seri Nasional," kata Ikhwan.

BACA JUGA: Imbauan untuk Para Kuwu, Dana Desa Harus Bisa Kendalikan Inflasi Daerah

Sementara itu, Ketua Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Cirebon, H Zaenal Muttaqin, LSI Regional Cirebon ini menjadi agenda perdana yang digelar dalam rangka pencarian bibit-bibit muda untuk memajukan persepakbolaan di Kota Cirebon.

Diawali dengan kompetisi untuk kelompok umur U-12, lanjut HZM, secara berjenjang, selanjutnya, PSSI Kota Cirebon juga akan menggelar kompetisi yang sama untuk U-13, U-15 sampai U-17.

"Kompetisi seperti ini menjadi penting, untuk mencari bibit-bibit pemain di akar rumput. Setelah lebaran, kita lanjut dengan kompetisi kelompok umur selanjutnya," ungkap HZM.

Sumber: