TAHUN INI PEMBEBASAN TANAH, 20 Desa Ini akan Dilewati Jalan Tol Patimban

TAHUN INI PEMBEBASAN TANAH, 20 Desa Ini akan Dilewati Jalan Tol Patimban

--

RAKYATCIREBON.ID, SUBANG  - Jalan Tol Patimban mulai beroperasi pada September 2024. Daerah mana saja yang dilewati oleh Jalan Tol Patimban?  Berikut daerah yang dilewati Jalan Tol Patimban.

Konsorium PT Jasamarga (persero) Tbk akan melakukan Pembangunan Jalan Tol Patimban, lalu daerah apa saja yang akan dilewati proyek Jalan Tol Patimban?

Jalan Tol Patimban merupakan proyek KPBU dengan skema solicited yang menghubungkan Pelabuhan Patimban dengan Jalan Tol Trans Jawa ruas Cikopo — Palimanan.

Tujuannya dibangun Jalan Tol patimban ini mampu meningkatkan aktivitas ekspor yang bersumber dari kawasan industri di sekitar Cikarang-Cibitung-Karawang hingga Cikampek menuju Pelabuhan Patimban dan daerah yang dilewati oleh Jalan Tol Patimban sebagai berikut.   

Sedikitnya ada 20 desa tersebar di 10 kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Subang sepanjang hampir 37,5 km dengan lebar 20 meter menjadi daerah yang dilewati oleh Jalan  Tol Patimban.  Saat ini sudah memasuki penetapan lokasi (penlok).

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Subang, Ahmad Suparto, mengatakan rencana pembangunan Jalan Tol Akses Patimban sudah pada tahap penetapan lokasi (penlok) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sejak awal tahun 2022 ini.

Dari penlok itu, terdapat daerah yang dilewati oleh Jalan Tol Patimban ada 20 Desa yakni, Desa Sawangan, Desa Kosar, Desa Karanghegar, Desa Panyingkiran, Desa Rancamahi, Desa Pasirbungur, Desa Rancabango, Desa Pasirmuncang, dan Desa Mekarsari.

Daerah lainnya yang dilewati oleh Jalan Tol Patimban yakni, Desa Jatibaru, Desa Tanjungrasa, Desa Wanajaya, Desa Mariuk, Desa Gardumukti, Desa Kertajaya, Desa Rancasari, Desa Bongas, Desa Rancahilir, Desa Kotasari, dan yang terakhir Desa Pusakajaya.

Sebanyak 20 desa yang dilewati oleh Jalan Tol Patimban itu berada di daerah 10 kecamatan diantaranya Cipeundeuy, Pabuaran, Purwadadi, Patokbeusi, Cikaum, Ciasem, Tambakdahan, Pamanukan, Pusakanagara dan Pusakajaya.

Daerah yang dilewati Jalan tol Patimban ini menghubungkan ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 89+125 hingga ruas Pantai Utara Subang sepanjang 37,5 km.

"Pada Jalan Tol Akses Patimban ini akan ada empat gerbang tol yang terletak di Cipeundeuy, Pasirbungur, Tambakdahan, dan Pusakanagara," ujar Ahmad Suparto.

Ahmad Suparto juga menjelaskan pembebasan tanah belum dilakukan, karena pihak appraisal masih melakukan kajian untuk menentukan harga tanah dan  pembebasan tanah akan dilakukan di tahun ini.(*)

Sumber: