TARI TOPENG CIREBON Antarkan Bacaleg PKS Daftar ke KPU, Ini Makna dan Filosofinya

TARI TOPENG CIREBON Antarkan Bacaleg PKS Daftar ke KPU, Ini Makna dan Filosofinya

Tari Topeng saat mengantarkan Bacaleg PKS Kabupaten Cirebon mendaftarkan diri ke KPU Kab Cirebon.--

RAKYATCIREBON.ID,  CIREBON  - DPD PKS Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon  mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) nya ke KPU, Senin (8/5).

Sebanyak 50 Bacaleg yang akan berkontestasi di pemilihan legislatif (Pileg) 2024 telah mengisi setiap daerah pemilihan (Dapil) nya.

Pada saat pendaftaran ratusan kader serta Bacaleg PKS ikut serta mengantarkan. Menariknya, ada pementasan seni budaya lokal. Yakni tari topeng tepatnya.

Pementasan itu, tidak semata untuk meramaikan suasana. Tapi mengandung makna mendalam. Menjadi simbol bahwa pesta demokrasi harus dilalui dengan enjoy. Adem. Tidak saling sikut, berbenturan dan saling menjatuhkan.

"Ke enjoyan itu, kami ekspresikan dengan mengapresiasi seni budaya lokal. Kita berikan panggung agar penari tari topeng dipentaskan. PKS ingin mencerminkan pemilu dengan riang gembira," kata Ketua DPD PKS Kabupaten Cirebon, H Junaedi ST.

Politisi yang digadang-gadang akan naik kelas ke DPRD Provinsi Jawa Barat ini menjelaskan ada alasan kenapa tari topeng yang dipilih PKS. Karena topeng itu, sejatinya berbeda-beda. Pun sama dengan politik, berbeda-beda tapi misinya sama.

Bagi PKS, filosofi berpolitik itu sebagai jalan suci untuk memperbaiki masyarakat. Makanya masyarakat jangan dicekoki dengan sikut-sikutan.

"PKS ingin mencerminkan pemilu dengan riang gembira. Parpol peserta pemilu, masing-masing punya wajah," katanya.

 Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Dr Sopidi MA mengaku di hari ke delapan pasca dibukanya pendaftaran, KPU pecah telor.

Ada satu peserta pemilu, yang mendaftar. Yang artinya PKS ini, menjadi parpol pertama yang mendaftarkan Bacalegnya.

"Hari ini kita pecah telor. Ada satu peserta pemilu yang sudah mengantarkan dan mendaftarkan dari PKS. Ada 50 Bacaleg," kata Sopidi sambil menambahkan kedepan, sesuai tahapan 15 Mei nanti akan dilakukan tahap lanjutan. Yakni verifikasi administrasi.

KOTA CIREBON

Di Kota Cirebon, tepat pukul 08.08 WIB, Ketua DPD PKS Kota Cirebon, H Karso datang memimpin langsung konvoi pasukannya mendaftar ke KPU, dengan atribut lengkap.

Tiba dan disambut komisioner di Kantor KPU, Ketua DPD PKS Kota Cirebon, H Karso pun langsung menyampaikan maksud tujuannya, mengajukan nama-nama bacaleg yang dijagokan PKS untuk Pileg Kota Cirebon.

"Alhamdulillah pada hari ini, tanggal 08, jam 08.08 WIB, PKS dengan nomor urut 8 secara resmi mengajukan daftar bakal calon (bacaleg) anggota DPRD Kota Cirebon ke KPU Kota Cirebon," ungkap H Karso dalam konferensi pers usai mengajukan nama-nama Bacalegnya ke KPU.

Setelah diverifikasi sekilas oleh petugas di KPU, lanjut H Karso, berkas persyaratan para bacaleg PKS, dinyatakan lengkap, bahkan termasuk berkas yang diupload di Silon, sudah terverifikasi lengkap.

"Alhamdulillah pula, seluruh berkas sudah lengkap dan terverifikasi di silon KPU," lanjut H Karso.

Untuk hal dan ketentuan lainnya, dijelaskan H Karso, PKS juga memastikan, bahwa ketentuan keterwakilan bakal calon perempuan minimal 30 persen sudah terpenuhi di masing-masing dapil.

Dari segi jumlah nama yang diajukan, PKS juga menyiapkan 35 nama, jumlah maksimal yang dipersyaratkan sesuai ketentuan, dan dipastikan siap bertarung memperebutkan kursi di DPRD Kota Cirebon untuk periode masa jabatan 2024-2029.

"Ini persiapan yang sudah kami lakukan, Insya Allah, kami sudah siap untuk mengikuti tahapan-tahapan pemilu selanjutnya. Mudah-mudahan semua berkas tidak ada yang direvisi lagi. Kami mendaftarkan sesuai dengan kuota maksimal dari anggota DPRD Kota Cirebon yaitu 35 orang," kata H Karso.

Koordiv Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Cirebon, Mardeko mengatakan, PKS menjadi partai ketiga yang mendaftarkan nama-nama Bacaleg ke KPU Kota Cirebon.

Namun, berbeda dengan dua parpol yang sudah mendaftar lebih dulu, berkasi PKS ini sementara dinyatakan lengkap dan terverifikasi 100 persen, termasuk yang terupload di Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

"PKB secara internal sudah lengkap, tapi belum diinput ke silon oleh DPP, buruh juga sama, nah untuk PKS sudah terupload 100 persen, jadi PKS parpol pertama yang berkasnya lengkap," ungkap Mardeko.(zen/sep)

Sumber: