Dari Majalengka Langsung ke Malaysia, Super Air Jet Siap Terbang dari Bandara Kertajati

Dari Majalengka Langsung ke Malaysia, Super Air Jet Siap Terbang dari Bandara Kertajati

--

RADARCIREBON.COM, MAJALENGKA –  AirAsia membuka penerbangan langsung (direct flight) dari Bandara Kertajati menuju Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis 18 Mei 2023 lalu.

Penerbangan langsung menuju Kuala Lumpur dari maskapai AirAsia membuat penerbangan di Bandara Kertajati Majalengka pada tahun ini semakin bergairah.

Penerbangan dari Bandara Kertajati ke Kuala Lumpur ini dioperasikan secara reguler oleh AirAsia setiap Rabu dan Minggu menggunakan pesawat berbadan sedang (narrow body) Airbus A320.

Sebelumnya, Bandara Kertajati telah melayani penerbangan internasional lainnya menuju Arab Saudi yang dioperasikan Lion Air dan Garuda Indonesia untuk mengantar para jemaah umrah.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan seluruh stakeholder di Bandara Kertajati berkomitmen untuk mengakomodir permintaan penerbangan yang semakin tumbuh pada tahun ini.

“AP II selaku operator Bandara Kertajati memastikan kesiapan personel serta seluruh fasilitas untuk mendukung semakin meningkatnya penerbangan pada tahun ini. Koordinasi erat juga dilakukan dengan setiap stakeholder.”

“Bersama stakeholder, AP II berupaya untuk menangkap peluang pada periode pemulihan penerbangan di tengah pandemi sehingga Bandara Kertajati dapat semakin optimal melayani penerbangan bagi masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya, serta berkontribusi dalam memperkuat konektivitas penerbangan di Indonesia,” ujar Muhammad Awaluddin.

Executive General Manager Bandara Kertajati, Nuril Huda menuturkan tingkat keterisian penumpang (load factor) di rute Bandara Kertajati - Kuala Lumpur yang dioperasikan AirAsia cukup baik.

“Pada penerbangan Minggu, 21 Mei 2023, penerbangan AirAsia dari Kuala Lumpur menuju Bandara Kertajati membawa 108 penumpang.”

“Kami bersama maskapai akan berupaya untuk terus meningkatkan jumlah penumpang di rute internasional ini, dan mempromosikan pariwisata Jawa Barat,” jelas Nuril Huda.

Nuril Huda mengungkapkan setelah AirAsia nantinya akan ada lagi maskapai yang membuka penerbangan Bandara Kertajati ke Kuala Lumpur.

“Pengajuan slot time sudah ada dari Super Air Jet untuk mengoperasikan penerbangan ke Kuala Lumpur pada Juni 2023,” ujar Nuril Huda.

Lebih lanjut, Garuda Indonesia juga sudah mengajukan permohonan untuk melayani penerbangan umrah secara reguler pada Agustus.

Nuril Huda mengatakan, bahwa Garuda Indonesia rencananya mengoperasikan penerbangan umrah setiap Sabtu mulai 5 Agustus 2023 secara reguler.

AP II memastikan koordinasi terus dilakukan dengan maskapai dan stakeholder lainnya terkait rencana pembukaan sejumlah rute penerbangan ini.

Bandara Kertajati merupakan bandara di bawah PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Adapun pemegang saham di BIJB adalah Pemprov Jawa Barat dan PT Angkasa Pura II. (*)

Sumber: