PPDB SMA Tahap 1 Sudah Mulai, 6 Sampai 10 Juni, Pendaftar Diprediksi 480 Ribu Siswa, Berapa yang Diterima?

PPDB SMA Tahap 1 Sudah Mulai, 6 Sampai 10 Juni,  Pendaftar Diprediksi 480 Ribu Siswa, Berapa yang Diterima?

Kondisi hari kedua PPDB tahap pertama di SMA 5 Cirebon, pendaftar jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KESAMBI - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023-2024 untuk tingkat SMA sederajat sudah dimulai, dimana PPDB tahun ini dibuka dalam dua tahap.

Tahap pertama, pendaftaran untuk SMA dikhususkan bagi pendaftar jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua serta jalur prestasi.

Sementara untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tahap pertama ini dibuka untuk jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua, jalur prestasi nilai rapor dan kejuaraan, jalur prioritas terdekat, jalur persiapan kelas industri dan tes bidang keahlian.

Pendaftaran tahap pertama sendiri dibuka mulai tanggal 06 Juni sampai 10 Juni mendatang.

Berbeda dengan pelaksanaan PPDB pad tahun lalu, PPDB kali ini tahapannya ditambah dengan masa sanggah, dimana tahapan itu dilakukan terjadwal setelah PPDB tahap awal selesai untuk proses verifikasi data pendaftar.

Wakil Koordinator Pengawas PPDB Provinsi Jabar, Asep Suhendi menyampaikan, untuk se-Jawa Barat, tahun ini jumlah sekolah SMP sederajat ada 6900 sekolah, dengan jumlah lulusan sebanyak 800 ribu, yang diprediksi akan ikut dalam proses PPDB SMA, dimana yang akan di terima dalam sekelsi PPDB SMA, yaitu sekitar 300 ribu, dengan prediksi pendaftarnya sekitar 480 ribu.

"Sementara sisanya diperkirakan tidak mendaftar, ada yang melanjutkan ke pesantren, atau lainnya," ungkap Asep.

Untuk pendaftaran sendiri, para calon siswa atau peserta didik, bisa melakukan pendaftaran secara online (daring), melalui aplikasi dan link yang sudah disiapkan oleh Pemprov, atau bisa langsung datang ke sekolah yang dimaksud.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB di SMAN 5 Cirebon, Hendra Darmawan SPd mengatakan, pendaftar pada hari kedua tahap pertama, tidak seramai di hari pertama.

"Pendaftaran hari kadua ini berjalan lancar, pendaftar masih datang, masih ada antrean di informasi dan meja operator, tidak seramai kemarin (hari pertama. Red)," ungkap Hendra.

Hari pertama, lanjut dia, dari tiga jalur pendaftaran yang dibuka di tahap pertama, sudah ada 60 pendaftar, dimana untuk tahap pertama ini, dikatakan Hendra, kuota yang dibuka adalah 50 persen dari keseluruhan, terdiri dari 20 persen kuota untuk jalur afirmasi, 25 persen untuk jalur prestasi serta 5 persen untuk jalur perpindahan tugas orang dua. Sedangkan sisanya, 50 persen kuota dibuka  di tahap dua untuk jalur masuk Zonasi.

"Yang dibuka di tahap pertama 198 kuota. Di SMAN 5 Cirebon ada kuota 11 rombel, dengan maksimal 36 siswa setiap rombelnya. Kuota PPDB tahun ini 396," jelas Hendra.

Pendaftaran untuk tahap pertama ini, kata Hendra, akan dibuka sampai hari Sabtu. Selain melalui daring, SMA 5 Cirebon menyiapkan meja pendaftaran di sekolah.

"Untuk jalur prestasi tergantung, kalau kejuaraan, dibuktikan dengan piagam atau sertifikat, bukti benar foto event nya, saat terima medali. Prestasi bisa olahraga, seni.dan lainnya, nanti ada penskorannya. Ini sampai hari Sabtu," kata Hendra. (sep)

Sumber: