Situ Bagendit Obyek Wisata Populer di Garut, Berawal dari Kisah Sang Kakek Minta Air kepada Nyai Bagendit

Situ Bagendit Obyek Wisata Populer di Garut, Berawal dari Kisah Sang Kakek Minta Air kepada Nyai Bagendit

Obyek wisata Situ Bagendit, Garut, Jawa Barat.-google -google

BACA JUGA:Gubernur Ridwan Kamil Tidak Sebut Cirebon Timur, Perjuangan Pemekaran Masih Panjang

Suatu hari, Nyai Bagendit tengah menghitung uang dan emas yang dimilikinya. Kemudian, datang seorang kakek yang berjalan menggunakan tongkat dan meminta sedikit air minum kepada Nyai Bagendit.

Nyai Bagendit tidak memberi air minum malah memarahi kakek itu dengan kasar. Sang kakek kecewa dan sedih atas perlakukan Nyai Bagendit.

Kemudian, kakek mendirikan tongkatnya di depan rumah Nyai Bagendit dan berkata bahwa Nyai Bagendit akan menerima pelajaran atas sikapnya. Tongkat kakek dicabut dan muncul air yang lama-kelamaan membanjiri desa.

Warga desa sibuk menyelematakan diri, sedangkan Nyai Bagendit malah menyelamatkan hartanya. Nyai Bagendit mencoba minta tolong tetapi tidak ada yang menolongnya. Nyai Bagendit tenggelam bersama dengan harta kekayaannya.

Air semakin meluap dan membentuk seperti danau. Kemudian, danau itu dinamakan Danau Bagendit atau Situ Bagendit.

HARGA TIKET SITU BAGENDIT

Untuk menikmati keindahan Situ Bagendit, wisatawan akan dikenai tarif tiket sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Situ Bagendit buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

RUTE SITU BAGENDIT

Jarak Situ Bagendit dari Kota Garut sekitar 12,4 Km dengan waktu tempuh sekitar 28 menit. Perjalanan menuju Situ Bagnedit dapat melalui Jalan Jenderal Sudirman, Jalan H Hasan Arif, dan Situ Bagendit. Sedangkan jarak tempuh Situ Bagendit dari Bandung sekitar 61 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 40 menit.

Perjalanan dari Bandung menuju Situ Bagendit akan melalui Tol Padaleunyi, Nagreg, Jalan Raya Bandung-Garut, dan Situ Bagendit.(*)

BACA JUGA:Nyeri Karena Sakit Gigi? Ini Obat yang Alami, No 4 Banyak di Pekarangan Tetangga, Dijamin Langsung Sembuh!

Sumber: