Punya Masalah Kulit Wajah Kering? Berikut 3 Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Kulit Kering

Punya Masalah Kulit Wajah Kering? Berikut 3 Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Kulit Kering

Wajah cerah alami dengan masker lidah buaya dan jeruk nipis bagi kesehatan kulit tanpa perawatan mahal-rakyatcirebon-Pinterest

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Lidah buaya menjadi bahan alami yang sedang digemari belakangan ini untuk perawatan kulit wajah. Tanaman berbentuk unik ini dapat memberi banyak manfaat baik untuk kulit, salah satunya adalah membantu melembabkan kulit.

Sebagian besar orang memiliki kulit wajah yang cenderung lebih kering dibandingkan yang lain. Selain itu, penggunaan sabun dengan bahan kimia yang keras atau perubahan suhu juga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

Kulit wajah yang kering bisa terasa gatal, dan mungkin terlihat bersisik atau memiliki bercak merah yang tentu mengganggu penampilan.

Namun, jangan khawatir. Pada kebanyakan kasus, kulit kering dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas. Alih-alih menggunakan obat-obatan, kamu bisa menggunakan bahan alami seperti lidah buaya untuk melembapkan kulit.

BACA JUGA:Minyak Zaitun Bikin Kulit Putih dan Bebas Flek Hitam, Ini Rekomendasi Merk !

MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK KULIT WAJAH
Lidah buaya adalah tanaman mirip kaktus yang tumbuh di daerah gurun pasir di seluruh dunia. Daunnya menghasilkan gel yang kaya vitamin A, C, E dan B12. Berikut manfaat lidah buaya untuk kulit wajah yang kering:

1. Melembabkan dan Menghidrasi Kulit Wajah
Gel lidah buaya mengandung 98 persen air, sehingga membantu melembapkan, menenangkan dan menghidrasi kulit wajah yang kering.

2. Membuat Kulit Lebih Kenyal
Mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit wajah juga bisa membuat kulit terasa lebih kenyal, daripada kaku dan kasar.

3. Mendinginkan Kulit
Gel lidah buaya juga memiliki efek mendinginkan, sehingga dapat membantu menenangkan kulit wajah bila mengalami ruam merah atau terbakar sinar matahari.

BACA JUGA:Cukup 5 Menit Mencerahkan Bibir Hitam, Ini Dia Tipsnya, Dijamin Ampuh Banget!

Karena itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengganti pelembab biasa dengan lidah buaya yang diaplikasikan setelah mandi untuk membantu menyegel kelembaban ke dalam kulit kamu.

CARA PENGGUNAAN LIDAH BUAYA UNTUK KULIT KERING
Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya yang bisa didapatkan langsung dari tanamannya. Namun, pastikan kamu melakukan tes alergi sebelum mengoleskan gel tanaman tersebut ke wajah.

Cara melakukan tes alergi, kamu bisa mengoleskan sedikit gel ke bagian dalam pergelangan tangan untuk memeriksa reaksinya. Tunggu selama 24 jam. Bila kulit mulai gatal, bengkak, atau berubah warna, jangan oleskan lidah buaya.

Cara menggunakan gel yang diambil langsung dari tanaman lidah buaya, yaitu kupas lidah buaya dan ambil dagingnya yang berwarna putih.

BACA JUGA:Wajah Glowing di Pagi Hari? Oleskan Masker Jeruk Nipis Sebelum Tidur, Bikin Kulit Wajah Fresh

Pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu, lalu oleskan daging lidah buaya tersebut secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah. Tunggu sekitar 15-20 menit agar gel lidah buaya menyerap ke kulit. Lalu, bilas wajah sampai bersih.

Nah, itulah manfaat lidah buaya bagi pemilik wajah kering. Selain menggunakan lidah buaya, kamu yang memiliki jenis kulit wajah kering juga dianjurkan untuk memilih pelembap berbahan dasar minyak yang lebih berat yang mengandung bahan-bahan yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

Hindari juga produk-produk yang mengandung wewangian dan bahan-bahan yang keras, seperti retinoid dan asam alfa hidroksi. (Eko Noviyanto-21)

Sumber: