Awalnya Cuma Apotik, Warga Desa Palir Kini Sudah Terlayani Klinik Pratama

Awalnya Cuma Apotik, Warga Desa Palir Kini Sudah Terlayani Klinik Pratama

Klinik Pratama Azwa Farma kini mulai beroperasi dan melayani masyarakat di Desa Palir dari sisi kesehatan. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Kini, fasilitas kesehatan di Desa Palir, Kecamatan Tengah Tani, semakin lengkap.

Dari sisi pelayanan kesehatan, masyarakat Desa Palir kini terlayani oleh klinik Pratama, Klinik Azwa Farma yang sudah mulai beroperasi. Klinik Azwa Farma pun berlokasi tepat di seberang kantor Kepala Desa Palir.

Pengelola Klinik Azwa Farma, Dwi Agustiyani Amd Keb mengungkapkan, berawal dari sebuah apotik yang sudah berdiri sejak beberapa tahun lalu

Kini apotik tersebut mengembangkan diri, untuk bisa memberikan pelayanan pelayanan kesehatan yang lebih lengkap kepada masyarakat dari pada sekedar penyediaan produk farmasi.

"Klinik ini, berawal dari Apotik, sudah berdiri 2 tahun, kami berupaya melakukan perluasan menjadi klinik pratama, yang alhamdulillah mulai beroperasi," ungkap Dwi kepada Rakyat Cirebon.

Di Klinik Pratama Azwa Farma, lanjut Dwi, beberapa sektor pelayanan pun disediakan, mulai dari pemeriksaan dokter umum, pemberian pelayanan khitan, hingga pelayanan tindakan darurat.

"Kita ada pelayanan dokter umum, khitan hingga tindakan, nakes kita penuhi sesuai standar. Saat ini pelayanan memang belum 24 jam, mulai jam 9 pagi sampai 7 malam," lanjut Dwi.

Diawal beroperasi, dijelaskan Dwi, memang pelayanan yang diberikan masih standar, termasuk untuk pelayanan peserta BPJS belum bisa diberikan.

Namun kedepan, kata dia, akan diupayakan agar pelayanan bisa diberikan secara menyeluruh dan memudahkan masyarakat, khususnya di Desa Palir.

"Insya Allah kedepan kita akan layani peserta  BPJS, kita beroperasi dulu, lalu kita akan ajukan kerjasama dengan BPJS. Kita beroperasi di Palir, selain karena lokasi strategis, keluarga besar juga merupakan orang Palir," jelas Dwi.

Ditambahkan Dwi, sebagai bentuk bakti kepada masyarakat di Desa Palir, setiap hari Minggu, Klinik Pratama Azwa Farma memberikan pelayanan kesehatan secara gratis, mulai dari pemeriksaan kesehatan oleh dokter, cek tensi darah, hingga cek gula darah secara gratis untuk masyarakat.

"Kita langsung memberikan pelayanan, dan setiap hari Minggu, cek tensi dan cek gula darah, plus pemeriksaan dokter gratis. Kita juga adakan senam prolanis," kata Dwi. (sep)

Sumber: