Cara Menanam Pakcoy Menggunakan Pot Atau Polybag Paling Mudah

Cara Menanam Pakcoy Menggunakan Pot Atau Polybag Paling Mudah

POKCOY-ist-rakyacirebon.id

RAKYATCIREBON.ID - Budidaya menanam pakcoy tidak harus di lahan yang luas, anda juga dapat menanam tanaman sayur pakcoy di dalam pot atau di polybag loh.
Selain dapat memenuhi kebutuhan sayuran keluarga, ternyata bisa menguntungkan juga jika di pasarkan dan dikemas dengan baik.
Faktanya, sayuran organik produk rumah tangga juga sering di masukkan ke dalam pasar tradisional atau supermarket. 
Pakcoy merupakan sayuran hijau yang termasuk dalam keluarga sawi. Pakcoy juga  sering dikenal dengan sawi sendok, pakcoy memiliki beberapa jenis seperti pakcoy merah, pakcoy hijau, pakcoy putih, dan baby pakcoy.
Pakcoy merupakan salah satu sayuran hijau yang mudah dan cepat di tanam. Jenis pakcoy juga merupakan salah satu bibit sayuran yang paling laris. Waktu panennya juga sangat cepat yaitu antara 30-45 hari.
BACA JUGA:Cara Mudah Menanam Pakcoy di Tanah, Anti Gagal
Sebelum menanam packoy ke dalam pot atau polybag yaitu ada tahap penyamain terlebih dahulu, caranya sebagai berikut : 1. Siapkan bibit pakcoy, media tanam, sprayer, dan tempat penyamaian. 2. Menabur bibit pakcoy, wadah penyamaian khusus atau nampan penyamaian digunakan. Selain itu, anda juga bisa menggunakan pot, polybag, atau wadah jenis lainnya. 3. Untuk media tanam sebaiknya menggunakan media selain tanah. Contohnya, termasuk sekam bakar, kompos, atau sabut kelapa. Jika anda menggunakan tanah, usahakan menggunakan tanah yang gembur dan subur dengan campuran pupuk kandang. 4. Gunakan ujung jari untuk membuat lubang pada media tanam pada wadah penyampaian. Kemudian masukkan dua biji ke dalam setiap lubang. Tutupi lubang dengan media tanam lalu kubur dan usahakan untuk tidak menekannya. 5. Siram secara rutin denga sprayer setiap pagi dan sore. Usahakan untuk menyimpannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari lansung. Anda bisa menunggu sekitar dua minggu hingga tanaman tumbuh dan menghasilkan 4 hingga 5 helai daun. 6. Segeralah pindahkan pakcoy ke media tanam yaitu ke tanah.
BACA JUGA:Cara Mudah Menanam Pakcoy di Pot, Anti Gagal Tahap Pemindahan Benih Pakcoy Ke dalam Pot Atau Polybag Apabila benih pakcoy sudah tumbuh menjadi pakcoy muda, yang cirinya adalah mempunyai dua helai daun maka pakcoy tersebut dapat dipindahkan ke pot yang lebih besar agar dapat di tanam secara mandiri.
Siapkan pot bunga atau polybag dengan ukuran minimal 15 cm. Gunakan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk atau bisa juga menggunakan sekam bakar. 1. Isi pot atau polybag dengan media tanam. jangan terlalu penuh dan jangan terlalu dangkal juga 2. Buat lubang media tanam di tengah pot. Besar kecilnya lubang disesuaikan dengan besar kecilnya gundukan akar pakcoy. 3. Tanam pakcoy sesegera mungkin setelah di cabut. Hati-hati jangan sampai melukai akarnya saat mencabutnya. Menggunakan sendok atu sekop dapat mempermudah proses pencabutan.
BACA JUGA:Resep Masakan Pakcoy dengan Saus Tiram yang Menggugah Selera 4. Tepuk-tepuk media tanam disekitar akar pakcoy yang sudah tertanam. Jangan terlalu keras, agar untuk mencegah pakcoy tidak miring saat tersiram air. 5. Siram pakcoy dengan air setiap pagi dan sore. 6. Selama seminggu pertama hindari sinar matahari langsung. Simpan di tempat yang sejuk. 7. Setelah seminggu, pot atau polybag pakcoy bisa dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari seharian. 8. Perhatikan sinar matahari langsung daun pakcoy akan terbakar akibat sinar matahari yang terlalu terik. 9. Pemupukan secara rutin, pupuk organik atau pupuk kandang adalah pilihan terbaik. BACA JUGA:INI DIA RESEP PAKCOY SIRAM BAWANG PUTIH YANG ENAK SEKALI Pakcoy siap panen sekitar 30 hingga 45 hari setelah di tanam di dalam pot atau polybag. Pemanenannya bisa dengan cara mencabutnya langsung dari tanah atau dengan memotong batang pakcoy. Itulah cara terkait menanam pakcoy di pot atau polybag yang bisa di lakukan di rumah dan kalian bisa membudidayakan sayuran pakcoy ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sumber: