Apa saja pinjaman online yang mengirimkan Debt Collector?

Apa saja pinjaman online yang mengirimkan Debt Collector?

Terpaksa pinjam ke Pinjol--

Belajar dari pengalaman mereka yang pernah mengajukan, Tunaiku menggunakan Debt Collector. DC di Tunaiku akan melakukan penagihan dengan mendatangi rumah atau kantor peminjam di bulan ke 3 sampai ke 4 sejak keterlambatan pembayaran.

Yang menarik di situs Tunaiku disebutkan bahwa “Bila kamu merasa tidak nyaman dengan cara penagihan pihak collection Tunaiku, kamu bisa segera menghubungi call center kami supaya kami bisa menindaklanjuti ketidaknyamananmu.”

Nasabah bisa mengajukan komplain soal proses collection di Tunaiku. Perlu diingat bahwa proses collection di Tunaiku diawali oleh desk collection dengan reminder serta penagihan via telepon. Setelah penagihan telepon gagal, baru tim Akulaku memberikan penugasan ke Debt Collector untuk kunjungan ke nasabah yang gagal bayar.

BACA JUGA:Usaha Baju Bisa Mengajukan KUR BRI 2023, Bantu dan Berdayakan Pengusaha Milenial

4. Kredivo

Kredivo adalah pinjaman online berbasis P2P izin OJK, yang menawarkan pay later cicilan tanpa kartu kredit dan dana tunai. Fasilitas cicilan digunakan untuk membeli barang secara online di merchant e-commerce rekanan Kredivo seperti Lazada, Bukalapak, Tiket.com, PegiPegi, Blibli, JD.id, dan memilih metode pembayaran melalui Kredivo.

Tersedia fasilitas bayar dalam 30 hari atau cicilan tenor 3 bulan dengan bunga 0%, ataupun cicilan tenor 6 dan 12 bulan dengan bunga rendah yaitu 2,6%. Pinjaman Tunai tersedia untuk tenor 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan.

Tenor 30 hari tersedia untuk pengguna Basic dan Premium, sementara tenor 3 bulan dan 6 bulan hanya tersedia untuk pengguna akun Premium saja. Kredivo menggunakan Debt Collector dalam proses penagihan.

DC datang ke rumah atau kantor nasabah yang gagal bayar. Biasanya data akun nasabah baru diserahkan ke DC setelah terlambat diatas 2 bulan dari tanggal jatuh tempo pembayaran. ‘

Sebelum mengirimkan DC, Kredivo akan melakukan proses penagihan lewat telepon. Jadi, nasabah harusnya sudah paham bahwa mereka punya kewajiban pembayaran.

BACA JUGA:KUR Bisa untuk Individu atau Kelompok, Bunga Hanya 0,5 Persen, Dijamin Menguntungkan

5. Finmas

Finmas adalah penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (P2P - Peer To Per) yang remi berizin dan terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaan P2P Lending ini dimiliki oleh Sinarmas Group dan Oriente Hong Kong, dengan nama PT. Oriente Mas Sejahtera.

Finmas menawarkan dua jenis produk kredit, yaitu cash advance, dana tunai untuk talangan kebutuhan mendesak, serta cicilan tanpa kartu kredit Pay Later untuk pembiayaan beli barang di merchant kerjasama Finmas.

Di situs resminya, Finmas menyebutkan urutan proses penagihan nasabah, yaitu:

Sumber: