Mungkin Gak Sih akan Dibangun Jalan Tol di Kabupaten Kuningan? Tidak Disangka, Ternyata Ini Jawabannya...

Mungkin Gak Sih akan Dibangun Jalan Tol di Kabupaten Kuningan? Tidak Disangka, Ternyata Ini Jawabannya...

Mungkinkah akan ada jalan tol di Kabupaten Kuningan?--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN - Mungkin gak sih akan ada Jalan Tol di Kabupaten Kuningan? Meskpun baru sebatas rencana, pembangunan jalan Tol Kuningan ternyata bukan mimpi.

Sebab, jalan yang akan menghubungkan Tol Getaci dan Tol Cipali itu sangat penting untuk mendongkrak ekonomi dan wisata di selatan dan utara Jawa Barat, dan sudah direncanakan oleh pemerintah pusat.

Tol Kuningan akan membentang sepanjang lereng Gunung Ciremai atau sebelah barat jalan nasional.
 
BACA JUGA:  Kapan Jalan Tol Kuningan Mulai Dibangun? Pejabat Kabupaten Kuningan Sudah Membocorkan Waktunya....

Untuk wilayah Kabupaten Kuningan dimulai dari Kecamatan Mandirancan, Pancalang, Cilimus, Jalaksana, Kramatmulya, Cigugur, Kadugede, Nusaherang dan Darma.

Karena berada di ketinggian dan berbatasan langsung dengan Gunung Ciremai, Tol Kuningan akan menawarkan panorama yang sangat indah.

Tidak akan kalah menawan dari Tol Semarang. Udara di sepanjang kawasan ini juga cukup sejuk.

Keberadaan Tol Kuningan juga akan mendongkrak sisi ekonomi masyarakat terutama yang berdiam di sekitar lereng Gunung Ciremai.

BACA JUGA:  Gagasan Pembangunan Jalan Tol Kuningan Sudah Ada Sejak Zaman Dulu, Sosok yang Dikeramatkan

Salahsatunya harga tanah akan meningkat dan berdirinya objek wisata serta tempat kuliner.

"Tol Kuningan bukan hanya mimpi tapi sudah masuk dalam perencanaan pembangunan pemerintah pusat. Tol Kuningan akan menjadi penghubung Tol Cipali dan Getaci. Kabupaten Kuningan akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi di masa yang akan datang," ujar Kabid Bina Marga pada DPUTR Kuningan, Teddy Sukmajayadi, Sabtu 30 September 2023.

Seperti diberitakan, 12 tahun yang akan datang, wilayah Kabupaten Kuningan akan memiliki jalan tol yang menghubungkan Tol Cipali di utara dan Tol Getaci yang berada di selatan Jawa Barat.

Pembangunan ruas jalan tol ini sudah dirancang oleh Pemerintah Pusat.

Opsi lainnya yang dipertimbangkan dan direncanakan pemerintah pusat, di tahun 2030 adalah pembangunan jalan tol Kuningan-Cipali. Jalan tol ini khusus untuk exit Kuningan.

Kedua rencana pembangunan jalan tol sudah masuk dalam kajian Kementrian PUPR RI.

Nantinya, ruas tol ini akan melingkar dari wilayah Cirebon masuk ke Kuningan di sebelah barat jalan nasional atau sepanjang lereng Gunung Ciremai.

Seperti Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, Sukamukti, Cigugur, Kadugede, Darma, Cikijing Majalengka hingga ke wilayah Kabupaten Ciamis dan berakhir di Tol Getaci. Untuk exit tol di Kuningan kemungkinan di Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cigugur.
 
Kepala Bidang Bina Marga pada DPUTR Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmajayadi menjelaskan, pembangunan tol yang melintasi wilayah Kabupaten Kuningan sudah dalam agenda Kementerian PUTR.

Ruas jalan tol ini akan menghubungkan Tol Getaci di selatan dan Tol Cipali di utara Jawa Barat.

"Desainnya sudah ada, dan dalam kajian Kementerian PUPR. Jalan tol ini cukup panjang dan dibangun sepanjang lereng Gunung Ciremai. Jika terlaksana, tentu akan ada pembebasan lahan di wilayah Kabupaten Kuningan," terang Teddy kepada radarkuningan.com.

BACA JUGA:  Jalan Tol Kuningan akan Melingkari Gunung Ciremai, Ini Daftar Daerah yang akan Dilintasi

Menurut Teddy, untuk exit tol di wilayah Kuningan kemungkinan ada dua yang dibangun. Yakni di sekitar Linggarjati dan Cigadung.

"Untuk yang Linggarjati diperuntukkan bagi yang ingin rekreasi di wilayah Kuningan utara. Sedangkan exit tol Cigadung menuju pusat pemerintahan Kuningan," ujar Teddy, Sabtu 30 September 2023.

Terkait kapan realisasi pembangunan Tol Kuningan ini, Teddy mengatakan bahwa semuanya wewenang pemerintah pusat.

Namun setahu dirinya, kemungkinan dimulai tahun 2030 atau 2035 mendatang. Untuk desain dan rancang bangun sudah dalam perencanaan kementrian.

BACA JUGA:  Ayo Berangkat! Biaya Keberangaktan Kerja ke 7 Negara Ini Bisa dari KUR BRI 2023 Dulu, Maksimum Rp25 Juta

"Tol Kuningan ini jika nanti jadi dibangun, akan mendongkrak perekonomian masyarakat Kuningan. Akses masyarakat juga akan semakin mudah untuk ke selatan Jawa Barat maupun ke utara. Saya yakin rencana pembangunan jalan Tol Kuningan ini akan terwujud karena desainnya sudah ada," pungkas Teddy. (Agus)

Sumber: