Bank Indonesia Cirebon Buka 134 Titik Penukaran Uang Baru, Ini Jadwalnya

Bank Indonesia Cirebon Buka 134 Titik Penukaran Uang Baru, Ini Jadwalnya

PENUKARAN UANG. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon menyediakan layanan penukaran uang baru guna memenuhi kebutuhan masyarakat di momen Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon menyediakan layanan penukaran uang baru guna memenuhi kebutuhan masyarakat di momen Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H. 

Lokasi dan waktunya sudah ditentukan. Di Cirebon penukaran uang baru digelar di sejumlah titik antara lain di Halaman Masjid At-Taqwa (21/3), Grage City Mall (25-28/3), Grage City Mall (1-4/3), Rest Area KM 207 Tol Cipali (1-4/3).

Sedangkan di Indramayu penukarang uang baru dilakukan di Pasar Bangkir (20/3), kemudian di Majalengka diadakan di Pasar Kadipaten (25/3) dan di Kuningan penukaran uang dilakukan di Pasar Baru (27/3).

Penukaran uang baru dikemas dalam program Semarak Rupiah Ramdhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024. Secara serentak peluncurannya dilakukan pada Rabu (20/3) di masing-masing KPw BI seluruh Indonesia.  

Kepala KPw BI Cirebon, Anton Pitono mengatakan, penukaran uang baru melibatkan 30 bank umum yang tersebar di wilayah kerja KPw BI Cirebon. Total titik penukaran sebanyak 134 titik. 

Terdiri dari 46 titik di Kota Cirebon, 23 titik di Kabupaten Majalengka, 22 titik di Kuningan, 18 titik di Indramayu dan 25 titik di Majalengka. Total uang baru yang disiapkan sebesar Rp3,9 triliun.

"Rencana layanan penukaran ini di Wilayah Ciayumajakuning bekerja sama dengan 30 bank umum yang tersebar di wilayah kerja KPw BI Cirebon yaitu 134 titik," kata Anton. 

Sedangkan penukaran uang baru yang digelar di Cirebon bekerja sama dengan bank -bank umum antara lain BRI, BNI, Mandiri, bjb, BSI, BCA, BTN, Muamalat, CIMB Niaga dan BWS.

Kepala Perwakilan BI Jawa Barat, Muhamad Nur mengapresiasi langkah KPw BI Cirebon yang membuka layanan penukaran uang baru sampai ke rest area.

Muhamad Nur berharap dengan sebaran titik penukaran yang merata, makin banyak masyarakat yang terlayani.  

"Harapan kita bukan hanya penukaran bersama di kantor BI juga di tempat yang strategis di stasiun. Bahkan rekan kami yang dari Cirebon itu di rest area dua titik," pungkas Muhamad Nur. (wan)

 

Sumber: