ICMI Ingin Pertanian Cirebon Maju, Bangkitkan Semangat Bimas Pangan

ICMI Ingin Pertanian Cirebon Maju, Bangkitkan Semangat Bimas Pangan

PERTEMUAN. Pertemuan Pengurus ICMI Kabupaten Cirebon dan Akademisi Fakultas Teknik UMC bersama Guru Besar sekaligus Rektor Pertama UMC, Prof Dr Ir H Murasa Sarkaniputra, Rabu (24/4/2024) bahas pemajuan pertanian Cirebon. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

Ali menambahkan, belum optimalnya penggarapan lahan pertanian di Cirebon dilatari belum adanya upaya serius pemerintah yang berpihak ke petani. 

"Karena kita ketahui bersama bahwa saat ini pertanian kota masih tertinggal karena faktor yang belum menguntungkan petani dan nelayan," katanya.

Dijelaskannya, di tengah kondisi itu, petani dan nelayan juga tidak diuntungkan dari sisi penjualan. Sebab, harga pupuk dan ongkos produksi yang naik, harga jual padi relatif murah.

"Oleh karena itu ini harus ada perubahan dan pembaharuan agar petani dan nelayan kita maju. Mereka butuh disentuh dan diberdayakan," katanya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UMC, Ir Nuri Kartini MT menambahkan, pihaknya mendukung penuh upaya bersama dalam memajukan pertanian di Cirebon.

Nuri berharap, upaya itu dapat diwujudkan berkat kolaborasi multi pihak. "Kami senang sekali dengan tempat kami menjadi lokasi diskusi ini," pungkas Nuri. (wan)

 

Sumber: