PDIP-PKS Gagas Koalisi Besar Baru, Bakal Ketemu NasDem dan Demokrat

PDIP-PKS Gagas Koalisi Besar Baru, Bakal Ketemu NasDem dan Demokrat

Pengurus DPC PDI Perjuangan saat bertandang ke markas DPD PKS Kota Cirebon, Minggu (05/05). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Dinamika politik di Kota Cirebon menjelang Pilkada 2024 semakin menarik.

 

Disamping billboard sejumlah tokoh mulai membanjiri protokol perkotaan, parpol-parpol juga mulai intens menjalin komunikasi dan menjajaki koalisi.

 

Setelah Partai Golkar, PAN dan Gerindra menggawangi terbentuknya Koalisi Cirebon Maju (KCM), yang diikuti oleh partai Hanura yang menyatakan ikut bergabung, kali ini, PDI Perjuangan mulai bergerak dan ternyata sudah bertemu dengan PKS.

 

Ketua DPD PKS Kota Cirebon, H Karso membenarkan, bahwa komunikasi politik antara PKS dan PDI Perjuangan sudah terbentuk, kedua partai pun sudah bertemu pada Minggu (05/05) kemarin.

 

BACA JUGA:Bentrok Dengan Jadwal Paripurna, Pandji Amiarsa Absen Fit n Propertest PDIP di Bandung

 

"Kita sudah ketemu dengan PDIP. Yang jelas, kami ingin menjalin komunikasi sebanyak-banyaknya dengan parpol lain," ungkap H Karso.

 

Diakui H Karso, ada kesamaan visi misi antara PKS dan PDI Perjuangan, dimana keduanya memiliki prinsip yang sama, menginginkan perubahan untuk Kota Cirebon.

 

Maka dari itu, pertemuan antara PDI Perjuangan dan PKS kemarin mengarah pada pembentukan poros koalisi baru, yang akan digawangi keduanya.

 

Hal itu diamini langsung oleh H Karso, saat disoal mengenai sikap PKS, apakah akan ikut dengan poros koalisi besar KCM, atau membentuk koalisi besar.

 

BACA JUGA:Baliho Di Depan Taman PKK Sumber Roboh, Makan Korban

 

"Kita bentuk koalisi besar lah, arahnya kesana," jelas H Karso.

 

Bahkan, disebut-sebut H Karso, PDI Perjuangan dan PKS sudah mengagendakan pertemuan dengan dua parpol lain, yakni Partai Demokrat dan Partai NasDem untuk menindaklanjuti wacana membentuk poros koalisi besar yang dimaksud.

 

"Sudah teragendakan, empat partai bakal ketemu, mudah-mudahan minggu ini, dengan Demokrat dan NasDem," kata H Karso.

 

Disoal bakal calon dari PKS sendiri, diakui H Karso, PKS Kota Cirebon sudah mengerucut kepada satu nama internal, yakni Ahmad Azrul Zuniarto, yang secara buttom up akan diusulkan kepada DPP PKS.

 

BACA JUGA:Camat Ciwaru Berpesan Apdesi Tetap Sinergi dengan Forkopimcam

 

Namun untuk perkembangannya, semua akan dibahas dalam ruang koalisi yang terbentuk nantinya.

 

"Perahunya saja dulu, kalau kita dibawah sudah mengerucut satu nama, nanti diajukan di koalisi," imbuh H Karso.

 

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Cirebon, Imam Yahya juga memastikan, PDI Perjuangan dan PKS sudah menyepakati, untuk bersama-sama dalam mengarungi helatan Pilkada 2024.

 

Sejumlah kesepakatan lain juga lahir dari pertemuan PDI Perjuangan dan PKS, dimana keduanya bersepakat untuk membentuk poros koalisi baru diluar KCM untuk Pilkada Kota Cirebon.

 

BACA JUGA:Kota Cirebon Jadi Tuan Rumah Muswil ke-V Al Washliyah Jabar

 

"Intinya, kita sepakat melakukan kerjasama politik untuk Pilkada. Kita akan bertemu dengan Demokrat dan NasDem," kata Imam. (sep)

Sumber: