Suhendrik Mundur, Bacawalkot PDIP Tinggal Fitria Pamungkaswati

Suhendrik Mundur, Bacawalkot PDIP Tinggal Fitria Pamungkaswati

Baligo Fitria Pamungkaswati dan Suhendrik berseberangan terpasang di jalan Cipto MK. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Bakal Calon Walikota (Bacawalkot) Cirebon, yang ikut mendaftar dalam penjaringan di PDI Perjuangan, Suhendrik, mendadak mundur dari pencalonannya.

 

Surat pengunduran diri Suhendrik diserahkan langsung kepada Ketua DPC PDIP Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati, Selasa (18/06) sore.

 

Saat dikonfirmasi, Fitria membenarkan, bahwa Suhendrik menemuinya langsung untuk menyerahkan surat pengunduran diri.

 

BACA JUGA:Kang Hero Distribusikan Hewan Qurban, Sampai ke DPP

 

"Betul, Mas Suhendrik menyerahkan suratnya langsung ke saya," ungkap Fitria.

 

Surat tersebut, lanjut Fitria, langsung diteruskan oleh DPC kepada DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, sehingga tindaklanjutnya nanti ada di DPD, karena saat ini, proses penjaringan sudah ada di tingkat atas.

 

"Kita sudah teruskan ke DPD mas," lanjut Fitria.

 

Disoal mengenai alasan, apakah didalam surat Suhendrik menjelaskan alasannya mundur, dan apakah mundurnya Suhendrik karena informasi bahwa DPP sudah menentukan nama yang akan ditugaskan, dan itu adalah dirinya, Fitria enggan berspekulasi terkait hal itu.

 

BACA JUGA:Loncat dari PDIP, Ayu Akui Sudah Tak Sejalan

 

"Di surat, mas Suhendrik hanya menyampaikan, bahwa berdasarkan dinamika politik aktual, ia memutuskan mundur. Kalau itu (Info penugasam dirinya. Red), saya belum tahu, itu ranah DPP," kata Fitria.

 

Terkait dengan penugasan untuk PDI Perjuangan Kota Cirebon, diakui Fitria, ia masih menunggu informasi dari DPP, apakah nanti diberikan kepada dirinya, yang notabene nama terakhir di proses penjaringan, atau ada kebijakan lain dari DPP.

 

"Kita tunggu saja mas, mudah-mudahan secepatnya. Di wilayah III, yang belum turun itu penugasan untuk Kota Cirebon dan Kuningan saja," imbuh Fitria.

 

BACA JUGA:Luthfi Daftar ke Gerindra, Tanpa Restu dari PKB

 

Terpisah, Suhendrik pun mengatakan, bahwa seluruh proses dan tahapan penjaringan di internal PDI Perjuangan sudah ia lalui, sekaligus menunggu tahapan berikutnya.

 

Bahkan, proses silaturahmi dengan sebagian besar partai politik di Kota Cirebon sudah ia lakukan, termasuk komunikasi politik dengan pimpinan dan pengurus di berbagai tingkatan, mulai dari daerah sampai pusat.

 

Dan benar, dalam prosesnya, diakui Suhendrik, dinamika politik mengiringi, dan setelah menimbang kondisi aktual, ia memutuskan mundur, dan menilai, Fitria sebagai kader dan ketua partai, lebih tepat melanjutkan tahapan internal, dan mendapat penugasan dari DPP.

 

BACA JUGA:9 Organisasi Ramai-ramai Deklarasi Dukung Bamunas

 

"Hormat yang tinggi kepada Ibu Fitria dan PDI Perjuangan yang telah memberikan kesempatan awal mengikuti tahapan pilkada. Jadi, saya datang dengan baik-baik, diterima dengan baik, maka saya pamit juga baik-baik," kata Suhendrik.

 

Dengan mundurnya Suhendrik, secara otomatis, penjaringan Bacawalkot PDI Perjuangan mengerucut ke satu nama, yakni Fitria Pamungkaswati.

 

Pasalnya, dari tiga nama yang diserahkan DPD kepada DPP, dua nama sudah mengundurkan diri, yakni Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Edi Suripno dan Tokoh Muda Cirebon, Suhendrik. (sep)

Sumber: