Panduan Lengkap Desain Inner Court, Dari Pilihan Atap hingga Elemen Dekorasi

Panduan Lengkap Desain Inner Court, Dari Pilihan Atap hingga Elemen Dekorasi

Ilustrasi Inner Court desain interior. Foto: Pinterest/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID--

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Mendesain inner court dapat menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menyejukkan suasana rumah secara alami dan ramah lingkungan. 

Halaman dalam rumah yang menawarkan ruang terbuka dikelilingi oleh berbagai ruangan lainnya disebut "inner court". 

Ada beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk menerapkan desain inner court di rumah Anda. Baca ulasan berikut!

Inner court secara harfiah berarti halaman dalam, yaitu halaman yang terletak di dalam rumah dan dikelilingi oleh berbagai ruangan. 

Dalam arsitektur Romawi, Jepang, dan Meksiko, kehadiran inner court sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Inner court berfungsi sebagai tempat untuk aktivitas sosial dan cahaya serta ventilasi alami.

Plus dan Minus Adanya Inner Court

Desain rumah dengan inner court menawarkan berbagai kelebihan. Inner court bisa menjadi pusat aktivitas sosial penghuni rumah yang hangat karena letaknya yang dekat dengan tiap ruangan dalam rumah. 

Desain inner court juga dapat menyejukkan dan menstabilkan suhu udara dalam rumah melalui ventilasi udara alami. Desain inner court juga akan memberi cahaya alami untuk berbagai penjuru dalam rumah. Selain itu, desain inner court menjadi alternatif yang bagus bagi rumah dengan halaman depan atau belakang yang terbatas. Tak hanya itu, desain inner court tetap memberikan privasi bagi penghuni rumah yang ingin bersantai tanpa gangguan dari lingkungan sekitar.

Namun, desain inner court perlu perawatan dan pembersihan ekstra secara teratur, terutama untuk inner court yang sepenuhnya terbuka dan memiliki pohon yang daunnya mudah rontok. 

Karena sifatnya yang terbuka, cipratan lumpur dapat mengenai lantai atau ruangan sekitarnya saat hujan. Desain inner court dengan kolam juga berisiko mengundang nyamuk dan lumut jika tidak dirawat secara rutin. Karenanya, desain inner court yang tepat pun diperlukan untuk mencegah permasalahan-permasalahan ini.

Posisi Ideal Inner Court

Posisi inner court idealnya mempertimbangkan area yang memerlukan tambahan udara segar dan cahaya matahari. Biasanya inner court ditempatkan di tengah rumah, dikelilingi oleh ruangan-ruangan lain. Namun, bisa juga diletakkan di samping atau belakang rumah, misalnya di depan ruang keluarga atau dapur, agar suasananya makin segar dan semarak.

Berbagai Inspirasi Desain Inner Court

Dengan berkembangnya gaya desain hunian, ada banyak pilihan desain inner court. Dari jenis atapnya, Anda bisa memilih antara inner court terbuka, setengah terbuka, atau beratap penuh. Begitu pula dengan dinding yang membatasi inner court, Anda dapat membuatnya terbuka penuh, dibatasi oleh pintu kaca, atau kombinasi keduanya.

Sumber: